Jawa

Hati-Hati! Wisata Yogyakarta Ini Bisa Bikin Ketagihan

Pinterest LinkedIn Tumblr

Keindahan kota Yogyakarta memang menjadi daya tarik untuk mereka yang gemar dengan ragam budaya yang dimilikinya. Wisata Yogyakarta sering kali menawarkan seni tradisional dan warisan budaya yang bahkan bisa menarik perhatian wisatawan dari tempat yang jauh seperti Eropa.

Di abad ke-16 dan 17, Yogyakarta menjadi ibukota dari kerajaan Mataram, Kota gudeg ini juga sempat dipilih sebagai ibukota Indonesia pada akhir 1940an, selama perang kemerdekaan melawan Belanda.

Dengan bermacam-macam warisan sejarah dan juga budaya, melakukan wisata Yogyakarta tentunya menjadi suatu hal yang wajib kamu lakukan jika kamu ingin menjelajahi lokasi-lokasi wisata di pulau Jawa. Ini dia hal terbaik yang bisa kamu lakukan di Yogyakarta:

Berkunjung ke candi Borobudur dan Prambanan

wisata budaya
pixabay.com/Deepu Joseph

Berwisata ke dua situs warisan dunia UNESCO jangan sampai kamu lewatkan saat melakukan wisata Yogyakarta. Borobudur adalah candi umat Budha yang dibangun pada abad kesembilan. Candi terbesar di dunia ini memiliki 504 patung dan 2,672 relief yang tersebar di seluruh dinding candi.

Candi lainnya yang terkenal adalah candi Prambanan. Walau candi ini dibangun di abad yang sama dengan Borobudur. Tapi candi ini adalah tempat ibadah untuk umat Hindu. Candi Prambanan adalah candi Hindu terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara.

Kamu juga bisa menikmati penampilan sendratari Ramayana di candi Prambanan ini. Walau kisah ini berasal dari India, namun cerita Ramayana yang dipertunjukkan disini kental dengan kostum tradisional dan tarian Jawa.

Menyusuri gua dan pantai dalam wisata Yogyakarta

wisata alam
jogjapost.com

Bangkitkan jiwa petualang kamu dengan mengikuti petualangan menjelajahi Gua Jomblang. Gua ini adalah bagian dari sistem gua yang ada di Gunung Kidul. Cara memasuki gua ini adalah dengan menuruni lubang sedalam 30 meter. Jadi untuk kamu yang takut ketinggian, wisata Yogyakarta yang satu ini mungkin bisa memompa adrenalin kamu.

Setelah menikmati pengalaman yang mendebarkan, kamu bisa melanjutkan jalan-jalan ke pantai Sandranan. Di lokasi ini, kamu bisa menikmati hamparan pasir putih di sepanjang pesisir Yogyakarta. Kamu juga bisa mencoba snorkeling di sini.

Memancing di Laut Selatan bersama para nelayan

destinasi wisata yogyakarta
backstreetacademy.com

Mengikuti wisata Yogyakarta yang satu ini bakal memberikan pengalaman unik menjadi seorang nelayan. Kamu bisa mencoba memasang umpan, melempar umpan, dan menangkap ikan atau bahkan lobster. Setelah mendapatkan tangkapan yang bagus, kamu bisa menikmatinya langsung dalam makan siang kamu.

Belajar memanah khas Jawa

paket wisata yogyakarta
slemankab.go.id

Pada jaman dulu, Jemparingan adalah seni panahan Jawa untuk kaum bangsawan. Uniknya, tidak seperti panahan pada umumnya yang dilakukan sambil berdiri, panahan ala Jemparingan dilakukan dalam posisi duduk.

Pemanah duduk bersila sambil memegang busur dan panah serta memakai kostum tradisional Jawa. Para pemanah harus menembak target yang terbuat dari tongkat berwarna merah dan putih dan digantung hingga sejajar dengan leher pemanah.

Lokasi wisata Yogyakarta lainnya

Ada banyak wisata lainnya yang bisa kamu nikmati saat berkunjung ke kota ini. Beberapa diantaranya antara lain:

  • Taman Pintar Science Park
  • Gunung Merapi
  • Museum Ullen Sentalu
  • Gondola di Pantai Timang
  • Candi Sewu
  • Malioboro
  • Alun-alun selatan

Nah, lokasi wisata Yogyakarta mana yang ingin kamu kunjungi?

ARTIKEL PILIHAN EDITOR:

Mario
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.