Seni

Habiskan Akhir Pekanmu di Museum MACAN

Pinterest LinkedIn Tumblr

Bosan mengisi waktu akhir pekan dengan jalan-jalan di mal? Maka kamu perlu pilihan yang baru. Museum MACAN bisa jadi alternatif lain untuk berekreasi sambil melihat keindahan berbagai karya seni di dalamnya.

Berlokasi di Gallery West Office Tower and Residences, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Museum MACAN menyuguhkan beragam pameran seni temporer yang berkelas. Pameran terakhir yang disajikan museum ini adalah pameran seniman Tiongkok bernama Xu Bing dengan tajuk pameran “Thought and Method”.

Meskipun pameran tersebut telah berakhir, kini Museum MACAN tengah dipersiapkan pameran selanjutnya yang menghadirkan karya-karya dari seniman performance art, Melati Suryodarmo. Sambil menunggu kehadiran pameran tersebut bulan Februari mendatang, ada banyak karya seni lain yang bisa kamu lihat ketika mengunjungi Museum MACAN.

Infinity Mirrored Room Karya Yayoi Kusama

Museum MACAN
Image credit: instagram.com/eatandtreats

Yayoi Kusama ialah seorang seniman asal Jepang yang gemar menampilkan bentuk lingkaran polkadot dalam karya-karyanya. Museum MACAN menghadirkan salah satu karyanya yang berjudul Infinity Mirrored Room: Brilliance of the Souls.

Dari luar, karya ini tampak seperti sebuah box putih yang besar. Ada satu pintu yang dapat kira masuki di bagian tengahnya. Ketika masuk ke dalamnya, kita akan disuguhi puluhan bola berwarna-warni yang menggantung memenuhi ruangan gelap.

Pada dinding sekeliling ruangan tersebut, terdapat cermin yang memantulkan bayangan dari segala sudut. Sesuai dengan judul karya ini, cermin tersebut memberikan pandangan kita seolah tak terbatas.

Color in Cave Karya Mit Jai Inn

Color in Cave
Image credit: instagram.com/museummacan

Salah satu ciri khas Museum MACAN adalah sudut ruangan yang merupakan area bermain anak. Di Children’s Art Space ini selalu menyajikan ruang berkreativitas untuk anak yang ditampilkan secara temporer dari berbagai seniman.

Dalam Children’s Art Space kali ini bertemakan Color in Cave yang merupakan kolaborasi bersama seniman asal Thailand, Mit Jai Inn. Di sini, kita bisa mengajak anak untuk belajar mengenal warna, bentuk, dan pola dalam ruangan yang dikonsep seperti sebuah gua yang colourful.

Koleksi Museum MACAN

Museum MACAN
Image credit: instagram.com/museummacan

Jangan lewatkan juga untuk melihat berbagai koleksi Museum MACAN yang terletak di lantai 6. Di bagian ini terdapat beragam karya lukisan dan patung karya seniman Indonesia, Eropa, Amerika, dan Asia. Di antaranya ada lukisan dari seniman Indonesia legendaris, Raden Saleh, yang berjudul Indische Landschaap (1853). Ada pun karya seniman mancanegara seperti Cai Guo Qiang, Robert Rauschenberg, dan Wang Guangyi.

Untuk menikmati karya-karya tersebut, kamu perlu membeli tiket masuk museum seharga Rp 50.000 untuk dewasa, Rp 40.000 untuk pelajar dan lansia, serta Rp 30.000 untuk anak. Ada pun paket keluarga seharga Rp 120.000 untuk dua orang tua dan dua orang anak di bawah 12 tahun.

Harga tiket pameran ini berlaku hingga tanggal 27 Februari 2020. Museum MACAN buka setiap Selasa hingga Minggu pukul 10.00 – 18.00.

Selamat berakhir pekan!

Baca juga Belum Pernah Naik MRT? Gimana Sih Caranya?

Audya
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.