Travel Tips

Gaya Jalan Jalan Santuy Ini Bakal Jadi Trend 2020 Loh!

Pinterest LinkedIn Tumblr

Tahun yang baru menunjukkan beberapa hal yang akan menjadi tren baru di 2020. Industri travel juga mulai memunculkan beberapa tren yang pastinya bakal merubah gaya traveling para traveler tahun ini. Salah satu dari tren ini adalah jalan-jalan santuy ala slow travel.

Menikmati jalan-jalan dengan santai pastinya bisa membuat kamu lebih merasakan suasana liburan kamu tanpa harus membuat diri kelelahan. Gaya jalan-jalan santuy ini diperkirakan akan merubah tren traveling FOMO atau yang biasa dikenal dengan Fear Of Missing Out.

Sebelumnya, banyak orang yang berusaha untuk melakukan kegiatan sebanyak mungkin saat melakukan liburan singkat. Hasilnya, tubuh mereka terasa sangat capek. Karena hal inilah survei yang dilakukan kepada para pengguna layanan booking.com menunjukkan adanya pergeseran tren jalan-jalan ini.

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa 48% responden memilih untuk melakukan slow travel. Mereka cenderung memilih untuk memilih rute yang lebih panjang dari biasanya demi mendukung gaya jalan-jalan santuy ini.

pixabay.com/Igor Ovsyannykov

Banyak alat transportasi yang bisa digunakan untuk melakukan slow travel ini. Beberapa diantaranya adalah kereta luncur, perahu, sepeda, tram, hingga bahkan dengan berjalan kaki. Salah satu alasan pemilihan alat transportasi ini adalah untuk mengurangi dampak rusaknya lingkungan akibat polusi kendaraan.

Selain survey yang dilakukan Booking.com, laporan APAC Travel Trends 2020 yang dikeluarkan Skyscanner menyebutkan bahwa slow travel menjadi gaya traveling terpopuler kedua di tahun 2019 setelah 2020. Jadi tidak aneh jika di tahun 2020 akan ada lebih banyak orang yang ingin melakukan gaya traveling ini.

Bagaimana cara jalan-jalan santuy ala slow travel ini? Ini dia caranya:

Pilih tempat menginap yang tepat

Karena kamu bakal menghabiskan waktu yang lebih lama saat traveling, sebaiknya tidak menginap di hotel. Pilihan terbaik yang bisa kamu coba adalah menyewa rumah warga lokal. Selain untuk menghindari pengeluaran yang membengkak, tinggal di rumah warga lokal bisa memberi kamu atmosfer rumahan. Jadi lebih nyaman dan hemat bukan!

ARTIKEL LAIN:

5 Fakta Unik Sushi yang Perlu Kamu Ketahui

Begini Cara Mengatasi Kehabisan Baju Bersih Di Saat Liburan

Liburan Outdoor Bisa Seru Tanpa Hambatan Dengan Ikuti Tips Ini

Masak makanan sendiri

Daripada membeli makanan jadi, kamu bisa merasakan pengalaman yang lebih mengasyikkan jika memasak dengan menggunakan bahan-bahan lokal.

Gunakan transportasi lokal

pixabay.com/PublicDomainPictures

Melakukan perjalanan dengan kereta bisa terasa lebih santai dan juga sering kali dianggap sebagai alat transportasi yang cukup mewah di beberapa negara seperti Kanada dan Eropa. Kamu bisa menghemat biaya perjalanan kamu dengan membeli tiket abonemen.

Jalan-jalan santuy ala slow travel ini pastinya bisa memberikan pengalaman yang berbeda dalam liburan kamu. Tertarik untuk mencobanya?

Mario
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.