Destinasi Internasional

Selandia Baru Punya Apa? Berikut Daftar Film yang Bikin Pengen ke Sini

Pinterest LinkedIn Tumblr

Eksistensi Selandia Baru untuk menjadi destinasi pelesir bagi pelancong Indonesia masih terdengar jarang. Namun sejak Lord of the Rings Trilogy karya Peter Jackson mendulang kesuksesan luar biasa sejak tahun 2002. Negara ini mendadak eksis sebagai destinasi screen tourism karena Hobbiton-nya, dan tidak sedikit penggemar karya J. R. R. Tolkien rela menabung demi ke Negeri Kiwi ini. Jadi apakah Selandia Baru hanya sebatas Hobbiton di Matamata dan peternakan biri-biri? Tentu tidak! Banyak lho film yang memperlihatkan uniknya warga lokal Selandia Baru atau Kiwi dan cantiknya lanskap negara ini.

Bahkan tidak sedikit film yang diproduksi di Selandia Baru kualitasnya pun setara dengan film kelas Hollywood mulai dari properti hingga special effects-nya. Biasanya film yang diproduksi di sini disebut sebagai Wellywood atau Wellington Hollywood. Kamu bisa menonton beberapa film dan serial ini agar bisa mengintip lebih jauh seperti apa sih wujud asli Selandia Baru ini?

The World’s Fastest Indian (2005)

Film selandia baru yang bikin pengen ke sini
Muriwai Beach, Auckland – wikimedia.org

Ada fans dari aktor kawakan asal Inggris satu ini? Setelah sukses dengan film teranyarnya tahun lalu berjudul Two Popes (2019), kamu mungkin perlu menonton film Anthony Hopkins satu ini. Kisah dari Burt Munro, pembalap yang lahir di Edendale, Selandia Baru ini diperankan apik oleh Hopkins. Film ini pun mengambil lokasi di Selandia Baru, salah satunya di Muriwai Beach, kilometer 42, Kota Auckland. Lokasi ini ditangkap cantik oleh film The World’s Fastest Indian, pastinya membikin kamu ingin menginjakan kaki di Auckland.

The Chronicles of Narnia (2005 & 2008)

Cathedral Cove Coromandel atau Te Whanganui-A-Hei Marine Reserve – wikimedia.org

Kata siapa Negeri Kiwi ini cuma punya Smeagol, Hobbit, Sauron, dan lainnya? Ternyata Selandia Baru juga tempat berdiamnya Aslan lho! The Chronicles of Narnia: The Lion, The Witch, and The Wardrobe (2005) sendiri di ambil di beberapa tempat. Di antaranya Flock Hill – Canterbury, Purakanui Bay, dan Kota Auckland. Sementara untuk lokasi The Chronicles of Narnia: Prince Caspian (2008) mengambil gambar di kawasan Cathedral Cove Coromandel atau di Bahasa Maori disebut Te Whanganui-A-Hei Marine Reserve.

Mission Impossible 6: Fallout (2018)

Film selandia baru yang bikin pengen ke sini
Skipper Canyon, Queenstown – wikimedia.org

Memang film ini mengambil banyak lokasi di berbagai negara, salah satunya Selandia Baru. Jika kamu teringat salah satu adegan di mana sang aktor utama – Tom Cruise – mengendarai helikopter untuk menghindari sang musuh yang diperankan oleh Henry Cavill. Selain dari adegan yang membikin mata terpana, lokasi yang memiliki suasana sejuk sekaligus cantik ini pun memaku pandangan. Tentu adegan menegangkan MI6 tidak akan terlihat luar biasa tanpa latar tempat yang memesona, seperti Skipper Canyon yang berlokasi di Queenstown ini. Selain itu, MI6 pun mengambil gambar di lokasi seperti Nevis Valley, Cromwell, dan Rees Valley. Simon Pegg – pemeran Benji Dunn di MI6 pun tidak ketinggalan mengambil momen di sini!

Boy (2010)

Waihau Bay dan Rumah Putih Ikonik film Boy – wikimedia.org

Jika sebelumnya kamu melihat film produksi Hollywood yang mengambil lokasi di Selandia Baru. Kamu juga perlu lihat juga film produksi asli Selandia Baru. Boy (2010) adalah salah satu film terbaik asal Negeri Kiwi yang diproduksi oleh Taika Waititi. Tidak asing kan dengan sutradara satu ini? Sukses dengan Thor: Ragnarok, Jojo Rabbit, dan Serial Star Wars – Mandalorian, rasanya belum lengkap kalau kamu belum menonton film box office Selandia Baru satu ini.

Hampir seluruh adegan film Boy berlokasi di Raukokore. Tepatnya di muara sungai Raukokore dan Waihau Bay. Kamu bisa benar-benar melihat wajah asri yang jauh dari kehidupan moderen dan kota saat melihat lokasi ini. Selain dari sorotan lokasinya yang cantik, Boy pun menyoroti berbagai kearifan lokal. Mulai dari menyoroti warga lokal Suku Maori hingga beberapa kutipan bahasanya yang unik. Jika kamu merindukan suasana asri dan ingin melihat Negeri sejuta biri-biri ini dengan sentuhan berbeda, mungkin kamu perlu ke tanah masa kecil Taika Waititi satu ini. Namun, jangan mengunjungi Waihau Bay saat musim hujan ya! Pasalnya, perjalanan menuju Raukokore dan ke Waihau Bay termasuk curam dan rawan jika ditempuh saat musim hujan.

Hunt for the Wilderpeople (2016)

Film selandia baru yang bikin pengen ke sini
Waitakere Range atau Te Wao Nui o Tiriwa – wikimedia.org

Masih dengan sineas yang sama, Taika Waititi. Tidak lengkap rasanya menonton Boy tanpa melihat film yang satu ini. Jika di Boy, Waititi memperkenalkan sudut Selandia Baru dari pantainya yang cantik dan autentik. Di Hunt for the Wilderpeople (2016), Waititi memperkenalkan seluruh penonton betapa luasnya dan asrinya hutan di Negeri biri-biri ini. Film ini pun dibintangi oleh Julian Dennison, yang dikenal berkat perannya di Deadpool 2 sebagai Rusty Collin. Hampir seluruh lokasi film ini diambil di Waitakere Ranges dan Central Plateu.  Dengan adanya film ini, kamu akan disuguhkan panorama asri, sejuk, sekaligus hijaunya hutan Waitakere – yang dikenal juga sebagai Te Wao Nui o Tiriwa (Hutan Luas Tiriwa) oleh Suku Maori. Sehabis nonton, yakin deh kamu ingin juga jalan-jalan ke Auckland dan trekking di hutan Waitakere seperti Ricky Baker!

Itulah sebagian kecil dari film-film yang menyoroti cantik dan uniknya Selandia Baru. Kira-kira, film apalagi yang bisa mengingatkan kamu akan Negeri Kiwi satu ini?

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.