Event

Festival Ya’ahowu 2019 Digelar Untuk Kamu yang Bertandang ke Nias

Pinterest LinkedIn Tumblr

Pulau Nias merupakan magnet dari Kepulauan Sumatera. Terlebih Nias pun memiliki acara tahunan yang sayang kamu lewatkan pada bulan November ini. Festival Ya’ahowu, yang kembali digelar dengan mengusung tema “Nias is Truly Island”. Acara ini pun digelar sebagai media utama untuk memperkenalkan Kepulauan ini kepada dunia. Belum lagi, acara ini digadang-gadang untuk meningkatkan kedatangan turis lokal hingga asing ke Nias.

Instagram @perdanaaq

Acara yang juga masuk dalam 100 Calendar of Event (CoE) 2019 ini akan diselenggarakan di dua tempat. Yaitu Lapangan Merdeka Lahomi dan Pantai Indah Sirombu. Festival ini menampilkan kebudayaan dan lanskap cantik Nias yang mencolok karena kaya akan wisata budaya dan baharinya. Bupati Nias Barat, Faduhusi Daeli mengatakan selain menampilkan ragam kebudayaan, Festival Ya’ahowu menampilkan Karnaval. Selain itu ada pula pergelaran tarian tradisional khas Kepulauan Nias, pergelaran atraksi budaya, lomba permainan rakyat, dan perlombaan olahraga.

Rangkaian acara lain dari festival ini pun beragam. Di antaranya ada lomba atraksi silat tradisional, lomba kreasi kerajinan tangan, dan festival kuliner Nias. Ada pula Ya’ahowu Idol 2019, pemilihan Putri Pariwisata Nias, camping ground, serta hiburan dari artis lokal dan nasional.

Sebelum adanya Festival Ya’ahowu, Nias sudah dikenal sebagai destinasi favorit para peselancar. Pasalnya, turis mancanegara seperti Eropa, Jepang, dan Australia sudah mengenal Nias sebagai destinasi tepat untuk mencari ombak. Bahkan Nias pun menjadi destinasi selancar kelas dunia. Tepatnya Pantai Sorake menjadi salah satu dari tempat selancar terbaik dunia pada acara World Surfing League (WSL).

Meningkatkan Jumlah Pendatang ke Nias Adalah Misi Utama Festival Ini

Instagram @northabroad

Walaupun festival ini memang diprioritaskan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Nias – baik itu wisatawan lokal atau pun asing. Namun faktanya Nias pun sudah terhitung ramai. Pada tahun 2017, jumlah kunjungan wisatawan ke Pulau Nias tercatat sebanyak 50.418 orang, baik itu wisatawan asing maupun lokal. Daeli pun berharap, tahun ini kunjungan wisatawan dapat meningkat sekitar 30-40 ribu. Dengan 10 persen dari total tersebut adalah wisatawan asing. Jadi, bagi yang akan bertandang ke Nias, bisa datang ke Festival Ya’ahowu 2019 pada tanggal 16-20 November 2019 di Lapangan Merdeka Lahomi dan Pantai Indah Sirombu, Nias Barat, Sumatera Utara.

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.