Event Indonesia Sulawesi

Festival Takabonerate di Sulawesi Selatan, 24-28 Oktober Ini!

Pinterest LinkedIn Tumblr

Takabonerate berada di Provinsi Sulawesi Selatan, tepatnya di Kabupaten Kepulauan Selayar. Daerah ini merupakan sebuah taman laut nasional yang memiliki kawasan atol yang berada di peringkat ketiga di dunia di bawah Kwajifein yang berada di Kepulauan Marshall juga Suvadiva yang berada di Maladewa. Luas keseluruhan atol ini adalah 220.000 ha. Di taman laut nasional ini tiap tahunnya selalu diadakan festival yang bernama Festival Takabonerate.

festival takabonerate
Image source @asritntbr

Festival ini diadakan di Takabonerate yang dicalonkan untuk menjadi Situs Warisan Dunia ke UNESCO. Event tahunan ini sudah dilaksanakan sejak tahun 2008. Dahulu, festival ini dikenal dengan nama Taka Bonerate Island Expedition atau TIE. Kegiatan utamanya tentu saja diselenggarakan di kawasan taman nasional. Tahun ini acara akan diselenggarakan pada tanggal 24 – 28 Oktober 2019.

Kegiatan Festival Takabonerate

kepulauan selayar, Sulawesi Selatan
Image source makassar.terkini

Beragam kegiatan akan mengisi festival ini. Dari mulai lomba perahu Jolloro hias, lomba lepa-lepa, yaitu perahu khas dari Masyarakat Bajau, festival budaya Bajo juga eksebisi bawah laut. Selain itu ada juga wisata kuliner, penanaman karang, pelepasan tukik, dan snorkeling.

Destinasi Wisata di Takabonerate

Taman nasional yang berada di Kepulauan Selayar ini memiliki beragam tempat destinasi wisata yang menarik yang tak kalah indahnya dari taman laut itu sendiri. Bagi kamu yang akan menyaksikan festival Takabonerate, simak ulasan berikut tentang destinasi wisata dan aktivitas yang bisa kamu lakukan selama berada di sini.

Wisata Budaya di Pulau Rajuni Kiddi dan Jinato

kepulauan selayar
Image Source @meirza05

Jika berkunjung ke Takabonerate, jangan lewatkan untuk mampir di pulau Rajuni Kiddi yang dihuni oleh Suku Bajo. Di sini selain bisa menikmati pulau dengan bersepeda, kamu juga bisa belajar tentang kearifan masyarakat lokal.

Festival takabonerato
Image Source @andi_afrista13

 Di Pulau Jinato kalian bisa melihat tradisi unik masyarakat setempat yang bernama Sorong Lopi. Tradisi ini adalah sebuah tradisi mendorong perahu yang baru dibuat masyarakat setempat. Selain itu, kamu juga bisa melihat pembuatan abon ikan, pembuatan permen gula merah juga pembuatan jaring ikan.

Kepulauan Selayar

takabonerate
Image Source @valerinne

Hampir sebagian besar wilayah di kepulauan Selayar mempunyai air laut yang jernih dengan pasir berwarna putih. Di kabupaten Kepulauan Selayar terdapat kira-kira 153 tempat tujuan wisata. Pulau Selayar sendiri sering dikenal dengan nama Tana Doang. Nama itu disematkan karena bentuk pulaunya yang mirip udang. Doang dalam bahasa masyarakat Selayar berarti udang.

Diving dan Berenang dengan Bayi Hiu

kepulauan selayar
Image Source @setiawan_awesome

Takabonerate yang berada di Sulawesi Selatan merupakan surga bagi para penggemar diving. Di sini kamu bisa menemukan beberapa spot untuk diving, contohnya spot Mercusuar dengan ciri khas karang tepinya dan suhunya 27 derajat.

Sulawesi Tengah
Image Source @ibnukf

Ingin menantang adrenalin? Cobalah berenang dengan bayi hiu. Di Pulau Tinabo yang tak berpenghuni, kamu bisa berenang dengan bayi hiu yang hidup di sini. Hiu ini berjenis black tip yang human friendly. Kamu bisa dengan leluasa berenang bersama bayi hiu tanpa takut digigit. Meskipun begitu, kewaspadaan tetap diperlukan. Jadi jangan sampai lengah.

Wisata Pulau

Sulawesi Selatan
Image Source @agungrizki90

Takabonerate dan Kepulauan Selayar  memiliki banyak pulau-pulau kecil yang indah. Kalian bisa melakukan island hopping di pulau-pulau yang ada di sana, contohnya Pulau Rajuni dan Lantigiang. Pulau Lantigiang yang tak berpenghuni ini memiliki pasir putih juga air laut yang biru kehijauan. Pulau ini juga merupakan pulau terbaik untuk menikmati pemandangan matahari terbenam. Saat berada di Pulau Lantigiang, kamu harus berhati-hati karena di bibir pantai terdapat banyak ikan pari yang bisa menyengat.

Baca juga Tanjung Kelayang, Destinasi Wisata Unggulan di Belitung

Festival Takabonerate adalah event tahunan yang tak boleh dilewatkan. Jadi, segera jadwalkan untuk berlibur ke Sulawesi Selatan.

Sansan
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.