Event

Festival Sinema Prancis 2019 Digelar Untuk Para Pecinta Film

Pinterest LinkedIn Tumblr

Pecinta film di tanah air, tentu wajib menghadiri festival satu ini. Walau sempat padam 4 tahun lamanya, kini Festival Sinema Prancis hadir kembali di Bulan November. Festival satu ini pun digelar sejak tahun 1996 oleh Institut Français d’Indonésie (IFI).

Tahun ini adalah yang ke-21 dan kesempatan ini merupakan hal penting bagi masyarakat Indonesia untuk menyimak keragaman dan kualitas produksi film Prancis. Terlebih, banyak pula sineas muda yang perlu menambah wawasan dan meningkatkan motivasi untuk belajar lebih dari mengapresiasi film asing. Pasalnya, industri film Indonesia saat ini sedang maju dalam beberapa tahun ke belakang.

Bahkan, mengutip Institut Français d’Indonésie jika industri film Indonesia termasuk unggul di Asia Tenggara. Baik dari segi produktivitas film maupun pembangunan bioskop multipleks. Indonesia telah memproduksi film sebanyak 137 film pada tahun 2018. Pada tahun 2019 pun direncanakan akan ditambah lagi 400 layar lebar.

Seputar Festival Sinema Prancis

Salah satu film yang akan tayang di Festival Sinema Prancis, Bloody Milk (wikimedia.org)

Festival Film Prancis sendiri akan digelar di 25 tempat yang tersebar luas di 15 kota. Di antaranya Jakarta, Medan, Banda Aceh, Bandung, Yogyakarta, Pontianak, Semarang, Surabaya, Bali, Ambon, dan Makassar. Festival ini pun diselenggarakan pada tanggal 6-10 November 2019. Akan ada 12 judul film dari berbagai genre yang akan memeriahkan Festival Sinema Prancis tahun ini. Beberapa judul yang akan ditayangkan di layar lebar seperti Love at Second Sight, EDMOND, The Great Ball, Custody, In Bed With Victoria, Promise at Dawn, Whatever Happened to My Revolution, Guy, Angel Face, Bloody Milk, Corniche Kennedy, dan Maestro.

Atase Kebudayaan Prancis di Indonesia Abdramane Kamate pun mengatakan jika film-film tersebut setidaknya pernah diikutsertakan dan memenangkan berbagai festival film internasional, populer di prancis, dan merepresentasikan nilai-nilai dari Prancis. Festival ini pun tidak memiliki tema khusus, walaupun mayoritas film-film tersebut memiliki genre drama, namun banyak pula film genre lain yang siap menghibur pecinta film di Indonesia.

Untuk kamu yang ingin memeriahkan festival satu ini, tentu kamu tidak hanya akan disuguhi berbagai macam film dari negara fesyen. Jika kamu kebetulan sedang menyambangi Aula Kompleks Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta. IFI pun menggelar Masterclass ‘Indonesia-France Co-Production’ yang merupakan hasil kolaborasi dengan Festival Film Indonesia. Narasumber sineas perfilman Prancis yang akan mengisi acara ini adalah Arnaud Dommere, Sarah Bariset, dan Jean Marie Gignon. Masterclass ini pun diselenggarakan pada tanggal 8 November 2019.

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.