Destinasi Event Indonesia Kalimantan

Festival Danau Sentarum Oktober Ini! Jangan Sampai Terlewat!

Pinterest LinkedIn Tumblr

Danau Sentarum termasuk ke dalam Taman Nasional Danau Sentarum dengan panorama alamnya yang sudah terkenal di dunia. Taman nasional ini termasuk ke dalam lahan basah yang terbesar di Asia. Setiap tahunnya selalu diadakan Festival Danau Sentarum yang merupakan event pariwisata dari Kementrian Pariwisata  yang diselenggarakan di daerah Kalimantan Barat.

festival danau sentarum
Image Source @tnbkds_official

Festival ini menyajikan beragam acara seni dan budaya juga kearifan lokal, contohnya perahu hias dari suku Dayak Tamambaloh yang hidup di sekeliling danau tersebut. Jadi, kalau kamu tertarik dengan seni dan budaya, pastikan untuk tidak melewatkan acara ini. Selain festival, masih banyak yang bisa kamu saksikan di sini. Penasaran? Baca terus ulasannya, ya.

Danau yang Kaya akan Flora dan Fauna

taman nasional
Image Source @lenvia25

Terbentuk ketika zaman es, Danau Sentarum diberkahi dengan kekayaan alam berupa flora dan fauna yang beragam. Danau Sentarum merupakan salah satu dari danau dengan habitat ikan tawar yang terlengkap di dunia. Di sini terdapat sekitar 256 jenis ikan dengan beragam jenis dan ukuran, seperti ikan linut, tapah dan patin.

festival danau sentarum
Image Source @natgeoindonesia

Sementara masyarakat yang hidup di sekitar danau antara lain, suku Dayak Iban, Sontas, Sebaruk, Punan, dan Kenyah. Mereka tinggal di rumah tradisional berupa rumah panjang yang memiliki bermacam-macam ukuran. Umumnya suku ini hidup dari menangkap ikan, berkebun, atau menanam buah-buahan. Pengujung bisa menyaksikan budaya suku-suku tersebut di Festival Danau Sentarum.

Taman Nasional 

danau sentarum
Image Source @pangkakena

Di taman nasional ini hidup ikon burung masyarakat Dayak yang bernama burung Rangkong. 20 persen dari burung yang ada di Indonesia berada di taman nasional yang ada di Kalimantan ini sehingga Danau Sentarum menjadi surgabagi mereka para birdwatcher. Selain burung, di taman nasional ini juga terdapat tumbuhan asli dan khas daerah ini, yaitu tembesu atau tengkawang yang nama Latinnya adalah Shorea beccariana.

Bukit Tekenang

danau sentarum
Image Source @enjoydanausentarum

Salah satu tujuan wisata yang tidak boleh dilewatkan di taman nasional ini adalah bukit Tekenang. Saat berada di atas bukit, pengunjung bisa menyaksikan keindahan lanskap danau. Jika senang memancing, pengunjung bisa mencoba menangkap ikan arwana di danau ini.

Menyusuri Sungai Kapuas

taman nasional
Image Source @liveriandono

Untuk sampai di taman nasional, pengunjung dapat mencoba rute yang menyusuri Sungai Kapuas. Rutenya, Sintang – Semitau – dan Sentarum. Pilihan transportasinya adalah speedboat dengan waktu tempuh kira-kira 4 jam.

Baca juga Liburan ke Bukittinggi Jangan Lupa ke Lobang Jepang

Danau yang menjadi kebanggaan Indonesia ini kaya akan beragam jenis flora dan fauna. Beragam budaya pun dapat ditemukan di sini, maka tak heran pemerintah begitu peduli dengan keberadaannya sehingga diadakanlah acara Festival Danau Sentarum. Untuk kamu yang ingin tahu banyak tentang kekayaan alam dan budaya Kalimantan, catat tanggal penyelenggaraan festival ini dan pastikan untuk hadir di sana.

Sansan
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.