Event Indonesia Kepulauan Riau

Festival Bekudo Bono 2019, Sensasi Berselancar di Sungai Kampar

Pinterest LinkedIn Tumblr

Festival Bekudo Bono merupakan event tahunan yang diselenggarakan di Provinsi Riau setiap tanggal 10 – 15 November. Festival ini menggabungkan antara olahraga selancar dengan fenomena alam di Riau dan kebudayaan provinsi ini. Kegiatan berselancarnya pun tidak dilakukan di laut, melainkan di sungai dengan gelombang yang tak kalah menatangnya.  Tentunya festival ini menampilkan sensasi dan keseruan yang akan menarik para peselancar dari berbagai wilayah, baik dalam dan luar negeri. Bahkan, saat festival ini dilaksanakan, kamu akan banyak melihat surfer dari Benua Amerika hingga Australia.

Gelombang Bono

Image source: pesona.travel

Dinamakan Festival Bekudo Bono karena acara ini merupakan ajang bagi para surfer untuk unjuk gigi kebolehan mereka dalam menaklukan gelombang bono di Sungai Kampar. Bono sendiri dikenal sebagai suatu fenomena alam yang terjadi di sungai tersebut. Fenomena ini berupa gelombang tidal bore di mana arus laut di Selat Malaka berbenturan dengan muara sungai sehingga menciptakan gelombang yang terjadi kurang lebih dua jam sebelum akhirnya menghilang. Dalam waktu dua jam tersebut, akan ada 21 gelombang sehingga 21 peselancar bisa berselancar secara bersamaan. Tinggi gelombangnya pun beragam, bisa mencapai 4 hingga 6 meter.

Image source: @atraveli

Kegiatan berselancar di Sungai Kampar pertama kali ditemukan oleh bore rider asal Brasil dan Prancis. Semenjak itu, kegiatan berselancar di sungai ini rutin dilakukan setiap tahun dan dikenal dengan Festival Bekudo Bono, festival berselancar di atas gelombang sungai.

Festival Bekudo Bono

Image source: @vokamo_com

Dalam Festival Bekudo Bono, terdapat beberapa point selancar. Di mulai dari Pulau Muda, kemudian ke Tanjung Pebila, Suak Tunggal,  muara Sungai Serkap, Tanjung Sendok, Teluk Rimba Putus, dan bearkhir di Teluk Meranti. Ajang berselancar ini terbagi dalam dua kategori, yaitu lokal dan profesional. Untuk lokal, peselancar akan berselancar di Teluk Rimba Putus yang berjarak sekitar 30 menit dari Teluk Meranti. Sedangkan untuk kategori profesional, peselancar biasanya beraksi di Tanjung Pebila untuk menyambut gelombang bono yang mulai datang pada pukul 10.30 waktu setempat.

Tertarik menyaksikan keseruan Festival Bekudo Bono sekaligus melihat aksi para peselancar? Kamu perlu datang ke Kampung Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau saat festival ini berlangsung. Untuk sampai ke sana bibutuhkan waktu tempuh sekitar lima jam dari Kota Pekanbaru dengan menggunakan moda transportasi darat.

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.