Seni

Familiar dengan Patung LOVE? Ini Dia Seniman yang Pertama Kali Menciptakannya

Pinterest LinkedIn Tumblr

Tanggal 14 Februari sudah umum dikenal sebagai hari kasih sayang. Hari ini sering dirayakan oleh para pasangan di berbagai negara untuk saling bertukar hadiah kepada orang terkasih sebagai bentuk perasaan cinta.

Seorang seniman asal Indiana, Amerika Serikat, menebar cinta kasih dengan cara yang berbeda. Seniman yang dikenal dengan nama Robert Indiana ini adalah sosok di balik pembuatan karya-karya patung “LOVE”.

Patung Love
Robert Indiana | Image credit: npr.org

Patung “LOVE” begitu ikonik dengan bentuk yang sederhana, huruf L dan O diletakan di atas huruf V dan E dengan warna merah yang kontras. Desain ini begitu populer di seluruh dunia, sehingga banyak diproduksi dengan berbagai versi di berbagai negara.

Berasal dari Hiasan Gereja Bertuliskan “God is Love”

Love
Perangko “LOVE” | Image credit: collectorbazar.com

Karya “LOVE” pertama kali dibuat pada tahun 1970 dan diletakkan di Indianapolis Museum of Art. Seorang sejarawan Museum of Modern Art, Deborah Wye, menjelaskan bahwa karya ini memiliki makna mendalam yang berhubungan dengan masa kecil sang seniman. Robert Indiana pernah menghabiskan masa kecilnya di gereja Kristen. Di sana terdapat dekorasi dinding dengan tulisan “God is Love”.

Sebelum diproduksi sebagai patung, rancangan “LOVE” sebelumnya pun dibuat pada kartu pos natal yang diproduksi Museum of Modern Art pada tahun 1964. “LOVE” pun hadir dalam perangko Amerika di tahun 1973. Perangko ini merupakan bagian dari seri “love stamps” yang diproduksi oleh U.S. Postal Service.

Patung “LOVE” Sempat Dibongkar

Patung Love
Patung “LOVE” di LOVE Park Philadelphia | Image credit: nakashi (flickr.com)

Salah satu karya “LOVE” asli yang dapat dinikmati hingga kini berlokasi di LOVE Park, Philadelphia, Amerika Serikat. Taman yang dibangun sejak tahun 1965 ini pada awalnya merupakan plaza yang dibuat untuk mengenang Presiden John G. Kennedy.

Kemudian pada tahun 1976, patung “LOVE” pertama kali ditempatkan di taman ini sehinggga lebih dikenal dengan sebutan LOVE Park. Penempatan patung ini bertepatan dengan perayaan United States Bicentennial.

Dua tahun kemudian setelah perayaan tersebut berakhir, patung “LOVE” di taman ini dibongkar. Meski begitu, kepala Komisi Seni Philadelphia mengusahakan untuk membeli kembali patung tersebut dan meletakannya di tempat yang sama secara permanen.

LOVE Park pun kini menjadi destinasi yang wajib dikunjungi para turis yang berlibur ke Philadelphia.

Baca juga Intip 4 Spot Karya Ikonik Banksy di Berbagai Kota di Dunia

Audya
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.