Inspirasi Kesehatan

Musik Jadi Hal Wajib Traveling, Berikut Fakta Menarik Musik Bagi Kesehatan

Pinterest LinkedIn Tumblr

Musik sudah menjadi bagian dari kehidupan – percaya atau tidak – setiap harinya kamu akan menemukan musik di setiap sudut tempat. Apalagi untuk para traveler, earphone nyaman dan perangkat musik yang berisi jutaan lagu sudah menjadi barang wajib untuk di bawa. Namun, musik menjadi bagian dari hidup pun bukan tanpa alasan.

Mengutip Medical Daily, dari CNN Indonesia, musik memiliki kemampuan untuk memengaruhi seseorang secara personal. Bahkan musik dapat menciptakan ragam emosi, mulai dari rasa tenang, bahagia, dan bahkan sebagai media nostalgia.

Jadi, jangan heran jika musik menjadi media wajib di berbagai tempat dan kesempatan. Sebut saja musik sebagai teman untuk memulai aktivitas dan teman perjalanan menuju tempat kerja. Selain dari faktor di atas, musik pun punya segudang faktor yang membuat perasaan menjadi positif. Berikut fakta yang bisa kamu cari tahu tentang musik.

Pelepasan Emosi

Bagi sebagian orang musik dapat menjadi media untuk melepaskan perasaan negatif seperti rasa sakit, frustasi, bahkan rasa sedih. Maka tidak heran bagi sebagian orang dapat merasakan kesedihan hingga menangis saat mendengarkan musik tertentu. Pelepasan emosi dengan cara tersebut pun terhitung pelepasan emosi yang sehat.

Mesin Waktu Bagi Pikiran atau Nostalgia

Mungkin kamu pernah mengalami teringat kejadian spesifik saat mendengarkan lagu, kan? Faktanya, musik memang memiliki kemampuan layaknya mesin waktu, yakni memutar kenangan masa lalu dan memindahkan perasaan ke waktu pertama mendengarkan lagu tersebut. Jadi jangan heran jika sewaktu-waktu kamu teringat dengan memori yang spesifik saat mendengarkan musik.

Menularkan Emosi

Musik yang sedih, energetik, dan musik yang keras cenderung memberi energi yang sama kepada pendengarnya. Lirik dan bentuk musik dari lagu pun menjadi pengaruh utama yang dapat menularkan emosi kepada pendengarnya. Contoh kecil yang seringakali terjadi adalah penonton konser ikut merasa ingin melompat mengikuti musik yang dilantunkan di atas panggung.

Memancing Respon Psikologis

Musik menjadi hal yang magis, selain dari menularkan emosi dan menjadi mesin waktu pikiran, musik pun dapat memancing respon psikologis. Sensasi yang didapatkan pun sama seperti mencoba makanan enak, seks dan mendapat uang.

Mewakilkan Perasaan Pendengarnya

Musik pun bisa dijadikan sebagai media untuk mengungkapkan perasaannya. Lirik dan bentuk lagunya bisa dianggap mampu mewakilkan perasaan pendengarnya dan mampu menyelesaikan masalah sebagian orang yang senang memendam rasa.

Jadi, dari sekian banyak fakta unik dan manfaat musik di atas, mana yang paling bermanfaat dan terasa saat menemani perjalanan kamu?

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.