Kuliner

Di Balik Kebiasan Orang Korea Mengonsumsi Sup Rumput Laut

Pinterest LinkedIn Tumblr

Miyeok guk atau sup rumput laut merupakan kuliner yang sering dijadikan side dish (makanan pendamping) oleh masyarakat Korea. Bahkan sup rumput laut menjadi makanan tradisi yang harus ada ketika mereka merayakan sesuatu. Sebenarnya ada apa sih dibalik tradisi atau kebiasaan ini? Apa sup rumput laut memiliki simbolisme tersendiri bagi masyarakat Korea?

Sajian Wajib Saat Perayaan Ulang Tahun

Biasanya kue ulang tahun selalu ada di setiap perayaan ulang tahun. Tapi, bagi orang Korea, hidangan yang wajib adalah miyeok guk. Tradisi ini sudah ada sejak zaman Dinasti Goryeo dan biasanya disajikan tepat di waktu sarapan. Dengan menghidangkan sup rumput laut pada orang yang sedang berulang tahun, mereka ingin menunjukkan bahwa orang tersebut dihargai dan disayangi. Intinya, sup rumput laut memiliki simbol kasih sayang dan penghargaan bagi masyarakat Korea.

Ungkapan Rasa Syukur

Selain simbolisme di atas, sup rumput laut juga dapat merepresentasikan rasa syukur atas kesehatan dan umur panjang yang diberikan. Sup ini juga dikonsumsi orang yang sedang berulang tahun untuk menunjukkan rasa syukur dan kasih pada ibu yang telah melahirkan mereka.  Maka tidak heran bila kuliner ini wajib dihidangkan saat perayaan ulang tahun bagi masyarakat Korea.

Membantu Pemulihan Pasca Melahirkan

Bukan hanya penting dihidangkan saat ulang tahun, sup rumput laut juga perlu diberikan pada ibu yang baru saja melahirkan. Tradisi ini sudah dilakukan secara turun temurun oleh masyarakat Korea. Selain karena alasan tradisi, mereka juga memahami kandungan zat besi, nutrisi, dan kalsium dapat membantu proses pemulihan pasca melahirkan. Karenanya, sup rumput laut masuk ke dalam daftar makanan nifas yang wajib dikonsumsi pasca melahirkan. Bayi pun akan mendapatkan manfaat yang serupa karena ASI yang diproduksi oleh si ibu jadi lebih sehat dan bernutrisi.

Meningkatkan Metabolisme

Mengkonsumsi sup rumput laut dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Bila dikonsumsi secara rutin, sup rumput laut dapat membantu proses detoksifikasi atau pembuangan racun dalam tubuh. Masalah pencernaan pun bisa diatasi dengan mengkonsumsi hidangan ini.

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.