Destinasi Indonesia Jawa

Desa Wisata, Destinasi wisata Bandung Selatan yang Unik

Pinterest LinkedIn Tumblr

Destinasi wisata Bandung Selatan umumnya didominasi oleh wisata alam. Keindahan alam kawasan Bandung Selatan sudah berhasil menggaet banyak turis untuk datang. Yang sudah akrab di telinga para wisatan dalam dan luar Bandung, misalnya wisata Kawah Putih, Situ Patenggang, Perkebunan Teh Malabar, atau Pemandian Air Panas Ciwalini. Namun sekarang muncul objek wisata baru di Bandung. Desa wisata Bandung kini mulai banyak dilirik oleh para pelancong yang datang ke kota ini.

destinasi wisata bandung selatan kawah putih
Kawah putih | Image Source @@kyantirenni

Desa-desa ini memiliki keunikan tersendiri, ada yang menawarkan keindahan alam, tapi tak sedikit yang menjual produk khas desa tersebut. Supaya kamu tidak penasaran, baca terus artikel yang akan membahas tentang desa-desa yang menjadi objek wisata di wilayah Bandung Selatan.

Desa Patengan (Rancabali)

Perkebunan Teh Rancabali | Image Source @pesonaid_travel

Saat berkunjung ke desa wisata Bandung ini, kamu akan disuguhi hamparan pemandangan hijau kebun teh. Daerah Ciwidey memang memiliki beberapa perkebunan teh terkenal, salah satunya Kebun Teh Rancabali. Kebun teh yang menjadi destinasi wisata Bandung Selatan ini pasti akan membuat kamu rileks. Bayangkan saja, di sini kamu akan menikmati udara segar khas pegunungan ditambah pemandangan hijau dari kebun teh yang menyejukkan mata.

Baca Juga Liburan ke Yogyakarta, Menginap di Rumah Teletubbis

Paket wisata yang ditawarkan di antaranya mengunjungi pabrik teh, menjelajahi kebun teh, juga mengunjungi kebun stroberi. Yang terbaru dari objek destinasi wisata Bandung Selatan ini adalah Glamping Lakeside Rancabali.

Desa Alam Endah

destinasi wisata bandung selatan
Rancaupas | Image Source @sigotik91 –

Luas wilayah Desa Alam Endah 555 Ha. Seperti halnya desa wisata Bandung lainnya, tempat ini juga memiliki alam yang sangat indah. Objek wisata yang berada di desa ini adalah Kawah Putih dan Rancaupas. Kedua tempat ini sudah sangat tidak asing bagi bagi para pengjunjung yang datang ke Ciwidey.

Selain itu, kamu juga bisa menikmati perkebunan stroberi yang luas, mirip dengan yang ada di Desa Patengan. Jadi, saat berkunjung ke sini, kamu bisa mencoba tur keliling perkebunan stroberi sambil mencicipi stroberi segar yang dipetik sendiri.

Desa Lebakmuncang

Lebakmuncang | Image Source @ryan_hermawannn

Siapa yang tak kenal kopi luwak? Kopi yang terkenal mahal ini menjadi salah satu objek menarik di desa Lebakmuncang yang merupakan salah satu desa wisata Bandung. Penduduk di desa ini bertani kopi luwak. Menurut masyarakat di sana, satu ons kopi luwak tepung kira-kira seharga Rp100.000. Berminat mencicipi kopi luwak asli dari petani langsung? Datanglah ke Lebakmuncang.

Selain kopi, desa ini juga menawarkan wisata kebun stroberi dan salada. Ada juga aktivitas trekking dan homestay di Lebakmuncang.

Desa Rawabogo

Rawabogo | Image Source @anisanti73

Kalau ingin menikmati kopi luwak, datang ke Desa Lebakmuncang tapi kalau ingin menikmati terong belanda, kamu harus berkunjung ke Desa Rawabogo. Desa ini terkenal dengan produk olahan terong belandanya, dari mulai dodol sampai puding.

Di desa ini juga terdapat Gunung Padang yang masih berhubungan dengan Kerajaan Galuh. Kamu bisa menyaksikan batu-batu dari Zaman Megalitikum. Batuan tersebut berbentuk tingkat yang terjadi secara alami. Tingkatan pada batu dikaitkan dengan gambaran fase siklus hidup yang terdiri dari tiga fase.

Kalau kamu mencari destinasi wisata Bandung Selatan yang berhubungan dengan kuliner dan masyarakat, jangan ragu, datanglah ke Ciwidey.

Sansan
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.