Destinasi Papua

Danau Sentani dan Berbagai Keunikannya yang Memukau

Pinterest LinkedIn Tumblr

Dari atas pesawat menuju Kota Jayapura, kamu akan melihat hamparan Danau Sentani, danau yang luas nan cantik dan dikelilingi oleh bukit-bukit hijau. Danau yang tidak hanya dijadikan sebagai sumber air, tapi juga sebagai tempat wisata memukau yang jangan sampai dilewatkan jika kamu mampir ke Jayapura. Bukan hanya itu saja, danau ini juga memiliki berbagai keunikan yang tidak kalah memukaunya dengan pemandangan yang tersuguh di depan mata. Apa saja keunikan dari danau ini?

Arti Kata Sentani

danau sentani di papua
Image source: @explore.papuabarat

Nama sentani disematkan pada danau ini oleh Pendeta BL Bin di tahun 1898. Memiliki arti ‘di sini kami tinggal dengan damai’, kata sentani merupakan pengharapan sekaligus pesan untuk selalu menciptakan perdamaian di setiap aspek kehidupan, baik di Papua maupun seluruh Indonesia.  Danau Sentani bisa dianggap sebagai pengingat untuk selalu menjaga perdamaian di negeri ini.

Dihuni oleh 30 Spesies Ikan Air Tawar

Danau Sentani memiliki luas 9.360 hektar dengan ketinggian 75 mdpi. Danau seluas ini tentunya memiliki sumber daya alam yang melimpah, diantaranya terdapat 30 spesies ikan air tawar. Dari 30 spesies tersebut, ada empat yang merupakan spesies yang hanya hidup di Sentani saja, seperti Oxyeleotris Heterodon (ikan gabus), Glossolepis Incisus (ikan pelangi merah), Chilatherina Sentaniensis (ikan pelangi sentani), dan Pristis Microdon (hiu gergaji).

Festival Danau Sentani

Festival Danau Sentani / Image Source: @saanaktimur

Setiap bulan Juni, di danau ini selalu diselenggarakan Festival Danau Sentani. Festivalnya diisi dengan tarian-tarian adat yang dilakukan di atas perahu. Ada juga tarian perang khas Papua dan upacara adat yang disebut penobatan Ondoafi. Tidak ketinggalan juga ada sajian berbagai hidangan khas Papua. Tujuan diadakan festival ini yaitu untuk memelihara persatuan di tanah papua yang kerap kali terjadi bentrokan karena isu perbedaan.

Memiliki 22 Pulau

Image source: Flickr.com/Michael Thirnbeck

Terdapat 22 pulau kecil yang tersebar di sekitar Danau Sentani. Beberapa diantaranya dimanfaatkan sebagai tempat wisata di Jayapura seperti Pulau Asei. Uniknya, Pulau Asei dipercaya sebagai bagian tubuh naga lho! Penduduk sekitar pun percaya bahwa mereka sebenarnya keturunan dari leluhur yang menunggangi naga itu. Selain itu, Pulau Asei memiliki kesenian asli berupa lukisan kulit kayu yang telah populer di Indonesia bahkan hingga ke luar negeri.

Bukit Teletubbies

Image source: Flickr.com/Papua Box

Tidak salah bila bukit di Danau Sentani ini dijuluki sebagai Bukit Teletubbies karena warnanya yang hijau, asri, dan bergelombang, mirip bukit-bukit yang ada di serial televisi anak tersebut. Untuk menikmati keindahan Bukit Teletubbies ini, ada dua cara yang bisa kamu coba. Pertama dengan menaiki pesawat dan duduk di tepi jendela sehingga kamu bisa melihat pemandangan indah bukit ini. Kedua yaitu dengan naik ke Tugu MacArthur yang berlokasi di Pegunungan Cyclop.

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.