Destinasi Indonesia Jawa

Curug Malela, Objek Wisata Alam Bandung Barat yang Menawan

Pinterest LinkedIn Tumblr

Curug Malela merupakan salah satu tempat wisata di daerah Kabupaten Bandung Barat. Wilayah kabupaten ini dikenal memiliki objek wisata alam yang indah, seperti Stone Garden dan Sanghyang Heuleut. Curug Malela ada objek wisata lain yang juga tak kalah memesonanya. Bagi yang tak tahu arti curug, kata itu sama dengan air terjun dalam bahasa Indonesia. Air terjun Malela berlokasi di Kampung Manglid, Kecamatan Rongga. Keindahan curug ini sudah dibuktikan melalui foto-foto hasil jepretan para pengunjung yang datang ke sana.

Curug di Sekitar Curug Malela

Curug malela, kabupaten bandung barat, tempat wisata, foto-foto
Curug Katumbiri, Instagram @sigotik91

Tenyata objek wisata Kabupaten Bandung Barat ini tak sendiri. Terdapat beberapa curug lain yang letaknya masih di wilayah Desa Cicadas. Curug Malela adalah curug yang tertinggi di antara yang lainnya. Curug lain yang berada di bawahnya antara lain, Curug Katumbiri, Manglid, Ngebul, Sumpel, Palisir dan terakhir Pameungpeuk. Meski sama-sama curug, tapi tiap curug memiliki keistimewaannya sendiri. Misalnya, air terjun Katumbiri yang akan terlihat indah kalau dilihat di pagi hari antara pukul 08.00 – 09.00. Di badan airnya akan terlihat pelangi seperti Curug Pelangi yang berada di Cimahi.

Curug malela, kabupaten bandung barat, tempat wisata, foto-foto
Curug Ngebul, Instagram @daniramdani9797

Berbeda dengan Curug Malela, air terjun Ngebul memiliki efek kabut ketika airnya jatuh ke bawah. Tak ketinggalan juga suara derasnya air yang terdengar menggelegar. Manglid berbeda dengan curug lain yang menjadi tempat wisata di Kabupaten Bandung itu. Curug ini memiliki goa yang letaknya ada di belakang air terjun.

Curug malela, kabupaten bandung barat, tempat wisata, foto-foto
Curug Manglid, Instagram @sigotik91

Kekhasan dari Curug Sumpel adalah adanya daerah di bawah curug yang dari kejauhan terlihat sempit meskipun sebenarnya cukup lebar. Lain lagi ceritanya dengan air terjun Palisir. Kalau diperhatikan secara teliti, air terjun ini mirip dengan Curug Malela walaupun berbeda dari segi ketinggian.

foto-foto
Curug Sumpel, Instagram @mochadjamalfarizqi

Paling bawah adalah Curug Pameungpeuk. Air terjun ini bermuara di antara Sungai Cidadap serta Cisoka. Kabupaten Bandung Barat tampaknya kaya dengan tempat wisata alam.

Fasilitas yang Tersedia

Curug Malela di Kabupaten Bandung Barat ini belum memiliki banyak fasilitas. Di sekitar curug ada beberapa bangunan dari kayu sebagai tempat untuk berteduh dan menyaksikan keindahan curug. Kalau kamu kelaparan, di tempat wisata ini terdapat beberapa warung yang menjual makanan dan minuman.

Tapi perlu diingat untuk bisa sampai di Curug Malela, Kabupaten Bandung Barat ini, pengunjung harus berjuang ekstra keras karena medannya tidak mudah. Jalan menuju tempat wisata ini naik turun dengan kondisi jalan yang kurang baik ditambah dengan jurang yang berada di kanan kirinya. Dengan menaiki motor, perjalanan bisa ditempuh sekitar 45 menit. Setelah sampai di pos Malela, pengunjung masih harus berjalan kira-kira 1 jam. Karena akan menguras tenaga perjalanannya, pastikan kamu membawa perbekalan berupa makanan dan minuman.

Berita Terbaru

Instagram @de_liannasoetion

Dengan bantuan dana dari Provinsi Jawa Barat, Curug Malela yang berada di Kabupaten Bandung Barat ini sedang mengalami penataan. Proyek ini dimulai pada 10 September 2019. Pengerjaannya sudah mencapai kira-kira 85%. Di tempat wisata ini dibangun plasa dengan bentuk melingkar, shelter berbentuk segi empat, pedestrian, anjungan swafoto, toilet, taman, dan jembatan. Kalau tak terlahang kendala apapun, proyek ini akan selesai di Desember 2019. Dan yang pasti objek wisata ini jadi lebih keren untuk foto-foto.

Tiket Masuk

Untuk masuk ke tempat wisata ini, pengunjung dipungut tiket masuk seharga Rp12.000. Bagi mereka yang datang dengan menggunakan kendaraan akan dikenakan tiket parkir. Sepeda motor tiket parkirnya Rp3.000 dan mobil Rp10.000. Bagi mereka yang tak memiliki kendaraan, terdapat pilihan ojek yang ongkosnya kurang lebih Rp75.000.

Baca juga:

Geopark Ciletuh, Destinasi Wisata All in One

Pulau Sombori, Surga Tersembunyi di Provinsi Sulawesi Tengah

Explore Wisata Alam di Kabupaten Muara Enim – Sumatera Selatan

Saat liburan ke tempat wisata di Bandung, pastikan kamu juga tidak melewatkan salah satu objek wisata di Kabupaten Bandung Barat, Curug Malela. Bagi para adventurer, curug ini pasti menantang sekaligus asli untuk foto-foto.

Sansan
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.