Inspirasi Kesehatan

Biar Sudah Terlihat Bersih, Begini Cuci Tangan yang Benar

Pinterest LinkedIn Tumblr

Menjaga kesehatan yang paling sederhana sebenarnya cukup dengan rajin cuci tangan, apalagi untuk aktivitas tertentu yang wajib menggunakan tangan bersih. Karena berbagai macam penyakit yang bisa ditularkan hanya melalui tangan. Sebut saja flu, diare, dan mata merah. Setiap tanggal 15 Oktober, dunia pun memperingati Hari Cuci Tangan Sedunia dan lebih dari 100 negara turut andil mengedukasi masyarakat untuk menjaga kebersihan tangan.

Sebagai anggota tubuh yang paling krusial, tentu perlu diperhatikan betul kebersihannya. Kuman berbahaya yang mengendap di tangan menyebar jika tidak dibersihkan dengan benar. Maka penting sekali jika kita tahu sejak dini cara mencuci tangan dengan benar.

Mencuci tangan yang benar dilakukan dengan menggunakan sabun dan air. Pasalnya, sabun dapat membunuh kuman dan air meluruhkan kuman dari tangan. Berikut terdapat enam langkah mencuci tangan yang benar dan bisa diterapkan sehari-hari.

Gosokkan Telapak Tangan

Ambil sabun dan letakan di telapak tangan. Basahi tangan dan gosok telapak hingga berbusa.

Gosok Punggung Telapak Tangan

Setelah sabun menghasilkan busa, gosok pula punggung telapak tangan bergantian. Pastikan sabun yang dihasilkan dari telapak tangan tersebar hingga punggung telapak tangan.

Baurkan Sabun ke Sela-Sela Jari

Lalu, baurkan sabun ke sela-sela jari dan gosokan bagian sela-sela jari. Perlu diperhatikan jika bagian sela-sela jari merupakan tempat favorit kuman untuk bersarang. Sehingga, saat cuci tangan, bagian sela-sela jari jangan sampai tidak digosokan.

Gosokkan Punggung Jari

Saat sabun sudah terbaur ke seluruh telapak tangan, bersihkan punggung jari dengan gerakan saling mengunci satu sama lain. Hal tersebut memastikan jika kuman benar-benar hilang.

Bersihkan Jempol

Karena jempol beraktivitas lebih sering daripada jari yang lain, maka jempol perlu dibersihkan dengan cara digosok memutar.

Gosokkan Ujung Jari

Terakhir, bersihkan ujung jari dengan gerakan menguncup dan gosokkan ke telapak tangan. Dengan begitu kuku jari benar-benar bersih dan kuman yang menyelip hilang.

Setelah kamu sudah mengikuti langkah-langkah tersebut, segera bersihkan busa sabun dengan air lalu keringkan dengan lap atau tisu kering.

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.