Kesehatan Kuliner

Cocok untuk Diet, 5 Karbohidrat Pengganti Nasi Ini Memiliki Kalori Rendah

Pinterest LinkedIn Tumblr

Kamu tengah mencari alternatif pengganti nasi dengan kalori yang lebih rendah? Jangan khawatir! Tidak sulit kok untuk mencari alternatif karbohidrat lain, tentunya dengan nilai kalori yang lebih rendah. Apalagi pengganti karbohidrat nasi tersebut bisa kamu manfaatkan untuk memaksimalkan program diet kamu. Sebagai contoh ada lima jenis karbohidrat berikut yang pas kamu santap sebagai alternatif lain dari nasi:

Nasi Merah

karbohidrat pengganti nasi
Image source: hellosehat.com

Umumnya nasi merah dikonsumsi sebagai alternatif pengganti nasi karena kandungan kalorinya yang jauh lebih rendah. Nasi merah juga sering dikonsumsi oleh penderita diabetes atau orang yang tengah melakukan diet sehat. Hal ini dikarenakan nasi merah memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga dapat membantu mengontrol gula darah.

Oat

Image source: @michelliiiiii

Selanjutnya ada oat yang bisa kamu jadikan karbohidrat pengganti nasi. Oat memiliki serat yang tinggi sehingga membantumu kenyang lebih lama. Olahan oat juga bisa menurunkan kadar gula dan kolesterol dalam darah. Sebenarnya oat tidak begitu banyak disukai karena rasanya yang hambar dan tekstur yang terlalu lembek.  Tetapi, bila dicampur dengan bahan lain seperti granola, buah-buahan, susu, dan yoghurt, rasanya akan lebih nikmat. Selama bahan campuran yang kamu gunakan tidak memiliki kadar gula dan kalori yang tinggi, oat bisa menjadi alternatif karbohidrat sehat dibandingkan nasi.

Roti Gandum

Image source: @giorgos_tsoulis

Bila dibandingkan dengan roti putih, roti gandum memiliki serat yang lebih tinggi. Ditilik dari nilai gizinya, 100 gram roti gandum mengandung serat sekitar 7 gram, sedangkan roti putih hanya mengandung serat 2,7 gram. Selain itu, roti gandum juga dianggap lebih sehat dari nasi putih. Tidak heran bila roti jenis ini bisa menjadi alternatif karbohidrat pengganti nasi.

Kentang

Image source: unileversolutions.com

Kentang termasuk dalam rumpun umbi-umbian dan memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi. Oleh karena itu, kentang sering dijadikan sebagai karbohidrat pengganti nasi. Tetapi, untuk mendapatkan kandungan optimal dari kentang, pastikan untuk tidak mengolahnya secara digoreng. Bila mengonsumsi kentang yang digoreng, maka kadar lemak di dalamnya akan bertambah dan bobot tubuhmu pun akan bertambah pula. Oh ya, kulit kentang juga bisa kamu konsumsi lho! Ternyata kulitnya mengandung serat yang tinggi, kalium, dan vitamin C. Tentunya sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kamu, kan?

Pasta Gandum

Image source: @spicycandiedlife

Pasta bisa dijadikan sebagai karbohidrat pengganti nasi asal yang kamu pilih ialah jenis pasta gandum. Seperti halnya roti gandum, pasta gandum kaya akan serat dibandingkan dengan pasta putih. Kandungan serat yang tinggi akan membuatmu kenyang lebih lama dan dapat mengontrol nafsu makan berlebih. Nah kalau kamu sedang dalam program penurunan berat badan, tidak ada salahnya sekali-kali mengganti nasi dengan pasta gandum.

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.