Asal-usul Destinasi Indonesia Informasi Inspirasi Kuliner

Cicip Roti Legendaris di Toko Sidodadi Bandung

Pinterest LinkedIn Tumblr

Tidak sah rasanya jika menikmati waktu liburan dengan jalan-jalan di pusat Kota Bandung tanpa menjelajahi kuliner di sekitarnya. Ada banyak sekali restoran, kafe, dan toko dengan kuliner legendaris yang sudah bertahan sejak lama. Tak ketinggalan dengan toko mungil yang satu ini, Toko Sidodadi. Letaknya hanya sekitar 400 meter dari Alun-alun Kota Bandung. Kamu bisa berjalan kaki ke arah selatan dengan menyusuri Jalan Dewi Sartika dan berbelok ke Jalan Kepatihan menuju arah Jalan Oto Iskandardinata.

Sudah Bertahan 3 Generasi

Meski pun kecil, Toko Sidodadi ini selalu ramai dengan pengunjung pecinta kuliner yang berdatangan dari pagi hingga sore hari. Tak jarang tampak antrean yang panjang hingga ke luar toko. Toko ini sudah berdiri sejak tahun 1954. Mungkin banyak toko-toko kue dan roti baru yang lebih hits di Kota Bandung, tapi Toko Sidodadi tetap setia dengan identitasnya yang khas dan sudah bertahan selama 3 generasi pengelolaannya.

Roti Sidodadi | Image credit: Audya Amalia

Macam-Macam Roti

Toko yang buka mulai jam 10 pagi ini, menyajikan beragam kue-kue tradisional, namun yang selalu dinantikan adalah roti-rotinya yang bermacam-macam, mulai dari roti-roti manis seperti coklat, nanas, dan srikaya, hingga roti-roti asin seperti roti isi sosis, baso sapi, keju, dan smoked beef. Harga yang diberikan pun tidak terlalu mahal, mulai dari Rp 3.000,- hingga Rp 4.000,- untuk roti ukuran kecil, dan Rp 15.000,- hingga Rp 20.000,- untuk roti yang berukuran besar.

Untuk memesan roti-rori tersebut, kamu harus mengantre dan memilih roti-roti di etalasi sisi kanan toko. Jika kamu ingin memesan kue-kue, kamu bisa memilih di bagian etalasi sebelah kiri. Toko Sidodadi pun menyediakan minuman-minuman ringan yang disimpan di etalase bagian belakang. Setelah memilih pesanan, para penjaga toko akan langsung mengemasnya ke dalam kertas packaging khusus roti dan kamu tinggal langsung membayarnya di kasir di bagian belakang toko. Kemasan roti dari toko ini sangat khas dan masihmenggunakan desain lama. Dengan sablon berwarna merah bertuliskan “Toko Roti & Kuweh Sidodadi” dan bergambar seorang wanita yang sedang mengangkat roti di balik etalase toko.

Roti-roti yang dijual di Toko Sidodadi semuanya dibuat di bagian belakang toko dan langsung disajikan dalam kondisi yang fresh. Di hari-hari libur, toko selalu ramai dan roti-roti sudah sold out di siang hari. Jadi, lebih baik datang lebih pagi jika tidak ingin kehabisan ya!

Audya
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.