Seni Seni dan Budaya

Christo dan Jeanne Claude, Kedua Seniman Ini Membungkus 11 Pulau di Miami

Pinterest LinkedIn Tumblr

Seniman asal New York, Christo dan Jeanne Claude, adalah pasangan yang sudah puluhan tahun bekerja bersama membuat karya-karya seni bertemakan lingkungan. Mereka berdua lahir di hari yang sama, yakni 13 Juni 1935, namun di dua kota yang berbeda. Christo lahir di Gabrovo, Bulgaria, sementara Jeanne Claude lahir di Maroko. Keduanya pertama kali bertemu pada tahun 1958 di Paris saat Christo mengerjakan lukisan potret ibu dari Jeanne Claude.

Surrounded Islands karya Seniman Christo dan Jeanne Claude
Christo dan Jeanne Claude | Image credit: saturdaysnyc.co.jp

Christo dan Jeanne Claude terkenal sebagai seniman yang gemar ‘membungkus’ banyak hal. Mulai dari furnitur, hingga gedung-gedung, bahkan jembatan. Keduanya pernah membungkus Gedung Reichstag, gedung parlemen di Jerman, dan Jembatan Pont Nuef di Prancis. Salah satu yang paling spektakuler yakni “Surrounded Islands”, karya instalasi yang membungkus 11 pulau di Biscayne Bay, Miami, Florida.

Surrounded Islands

Surrounded Islands karya Seniman Christo dan Jeanne Claude
Surrounded Islands karya Seniman Christo dan Jeanne Claude | Image credit: Christo (christojeanneclaude.net)

Di tahun 1983, karya “Surrounded Islands” selesai dikerjakan di Biscayne Bay. Sejumlah 11 pulau dibungkus menggunakan kain polypropylene berwarna pink seluas 603.850 m2. Christo dan Jeanne Claude dibantu oleh 430 orang pekerja untuk merealisasikan proyek ini, dan dengan menghabiskan waktu selama dua minggu untuk membungkus pulau-pulau tersebut. Kedua seniman ini sudah menyiapkan karya “Surrounded Islands” sejak tahun 1981. Mereka dibantu berbagai ahli kelautan, konsultan lingkungan, dan kontraktor.

Menyewa Pulau

Surrounded Islands karya Seniman Christo dan Jeanne Claude
Surrounded Islands karya Seniman Christo dan Jeanne Claude | Image credit: Wolfgang Volz (christojeanneclaude.net)

Sebelum menjalankan proyek ini, Christo dan Jeanne Claude berdiskusi dengan Gubernur Florida, Bob Graham. Christo menyetujui untuk menyewa pulau-pulau yang akan digunakan untuk “Surrounded Islands” dengan biaya sebesar $12.827,08. Kedua seniman ini menggunakan biaya pribadi mereka untuk membuat karya tersebut. Biaya tersebut didapatkan dari hasil penjualan karya-karya sebelumnya.

Pameran Dokumentasi Karya

Surrounded Islands karya Seniman Christo dan Jeanne Claude
Pameran “Surrounded Islands” di Perez Art Museum Miami (PAMM) | Image credit: saturdaysnyc.co.jp

Seluruh hasil peninggalan proyek karya “Surrounded Islands” ditampilkan di Perez Art Museum Miami (PAMM) dan dikuratori oleh Josy Kraft. Pameran yang bertajuk “Christo and Jeanne-Claude: Surrounded Islands, Biscayne Bay, Greater Miami, Florida 1980-83”, menampilkan artefak sisa kain  polypropylene berwarna pink, foto-foto karya “Surrounded Islands” dari segala sisi, maket, gambar rancangan, dan surat-surat peninggalan dua seniman ini.

Baca artikel terkait

Jalan-jalan Sambil Meresapi Buah Pikir Xu Bing di Museum MACAN Jakarta

Mengunjungi Art Institute of Chicago, Museum Seni Tertua di Amerika

Traveling Menjelajahi Street Art di 5 Kota Ini

Mengintip The Rose Windows, Kaca Patri Nan Menawan di Katedral Chartres, Prancis

Audya
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.