Kuliner

Cari Tahu Yuk Manfaat Bubuk Matcha Buat Kesehatan Kamu!

Pinterest LinkedIn Tumblr

Bubuk matcha atau teh hijau sangat disukai oleh banyak orang di Indonesia. Biasanya bubuk the hijau dijadikan campuran makanan atau minuman untuk membuatnya semakin lezat. Aroma dan rasanya yang khas juga sangat  menggugah selera sehingga tak heran banyak orang yang menyukai hidangan berbahan dasar matcha. Selain enak disantap, ternyata bubuk teh hijau juga sangat bermanfaat untuk kesehatan lho! Dilansir dari Health Line, berikut ini manfaat bubuk teh hijau bagi kesehatan:

Mencegah Kanker

bubuk matcha mencegah kanker
Image source: medicine.wustl.edu

Bubuk matcha memiliki zat yang disebut epigallocatechin-3-gallate (EGCG), yaitu sejenis katekin yang terbukti dapat membasmi sel-sel kanker yang menyerang kulit, paru-paru, prostat, dan hati. Bukan hanya itu saja, bubuk teh hijau pun dipercaya dapat mengecilkan ukuran tumor dan memperlambat pertumbuhan sel pada penderita kanker payudara.

Menurunkan Berat Badan

Image source: medicalnewstoday.com

Ingin menurunkan berat badan? Konsumsi bubuk matcha saja! Bubuk ini dikenal dengan kandungan antioksidan yang tinggi sehingga dapat meningkatkan sistem metabolisme. Bila sistem metabolisme bekerja dengan baik, proses pembakaran lemak pun akan semakin cepat sehingga berat badan kamu pun akan berangsur turun. Hal ini juga didukung oleh sebuah penelitian dalam jurnal PubMed Central yang memaparkan bahwa mengonsumsi matcha sebelum berolahraga dapat meningkatkan pembakaran lemak sekitar 17%.

Melindungi Sel Tubuh

image source: getthegloss.com

Zat katekin yang dimiliki oleh bubuk matcha dapat membantu melindungi sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Manfaat  ini dipaparkan oleh sebuah penelitian yang membuktikan bahwa kinerja zat antioksidan yang melindungi tubuh dari kerusakan sel dapat bekerja secara optimal. Asalkan kamu mengonsumsi matcha secara rutin.

Meningkatkan Fungsi Otak

Image source: ryerson.ca

Salah satu penelitian yang dipublikasikan melalui National Institutes of Health memaparkan bahwa bubuk matcha dapat meningkatkan fokus. Selain itu, bubuk teh hijau juga dapat meningkatkan daya ingat, kinerja otak, dan memelihara saraf otak. Hal ini disebabkan oleh kandungan L-theanine yang terdapat pada matcha. Kandungan ini merupakan sejenis asam amino yang bermanfaat bagi sel otak dan meningkatkan aktivitas neurotransmitter GABA (asam gamma-aminobutirat). Bubuk teh hijau juga kaya akan antioksidan dan polifenol yang berfungsi untuk meminimalisir penurunan kinerja otak dan melindungi dari risiko terkena Alzheimer dan Parkinson.

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.