Kesehatan Kuliner

Cari Tahu Manfaat Si Mungil Kacang Arab Bagi Kesehatanmu!

Pinterest LinkedIn Tumblr

Siapa sih yang tak kenal kacang arab atau dalam Bahasa Inggris dikenal dengan nama chickpeas? Jenis kacang ini berbeda dengan jenis lain karena memiliki kandungan yang menyehatkan untuk tubuh. Selain itu, kacang ini juga dijadikan sebagai bahan utama pembuatan hummus, pasta yang dicampur dengan bahan lain seperti bawang, minyak zaitun, dan biji selasih. Lantas, mengapa sih kacang yang bernama ilmiah Cicer arietinum ini dianggap bermanfaat untuk kesehatan tubuh? Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan selengkapnya di bawah ini ya!

Menjaga Kesehatan Tulang dan Otot

Image source: Pinterest

Kacang arab memiliki kandungan protein yang tinggi. Kandungan tersebut berfungsi untuk menjaga nafsu makan serta asupan bagi otot dan tulang kamu. Hal ini dipaparkan dalam the British Journal of Nutrition yang menjelaskan bahwa terdapat kandungan asam amino dalam protein kacang ini. Selanjutnya jurnal Advances in Nutrition juga menjelaskan bahwa mencampur kacang ini dan kacang jenis lain lalu dikonsumsi akan menambahkan asupan asam amino dalam tubuh.

Melancarkan Pencernaan

Image source: healthline.com

Pada tahun 2016, jurnal Nutrients merilis penelitian yang mengungkap bahwa kandungan kacang arab dapat menjaga kesehatan pencernaan. Dari hasil penelitian yang dilakukan pada 42 orang partisipan, ditemukan bahwa jika mengonsumsi 104 gram kacang ini setiap hari dalam waktu 12 minggu, kinerja usus dapat meningkat sehingga sistem pencernaan pun dapat bekerja secara optimal.

Jadikan Sebagai Camilan Diet

Image source: draxe.com

Biasanya vegetarian atau orang yang tengah menjalankan program diet mengonsumsi kacang arab sebagai camilan. Protein dalam kacang ini bisa menjadi pengganti protein yang terdapat pada daging. Selain itu, beberapa penelitian telah membuktikan bahwa protein dalam kacang ini dapat membantu mengurangi nafsu makan. Salah satu penelitian yang mendukung pernyataan tersebut ialah jurnal Appetite. Penelitian tersebut mengungkap bahwa mengonsumsi kacang ini setidaknya 104 gram secara rutin dapat membuat kamu kenyang lebih lama dan mengurangi keinginan untuk mengonsumsi junk food.

Menjaga Kesehatan Jantung

Image source: remotemedical.com

Kandungan vitamin C, potassium, dan vitamin B6 dalam kacang arab ternyata dapat meningkatkan dan menjaga kesehatan jantung. Menurut sebuah penelitian, orang yang mengonsumsi 4.000 miligram potassium setiap hari dapat membantu mengurangi risiko terserang penyakit jantung.

Mengontrol Gula Darah

Image source: diabetes.co.uk

Kacang arab dikenal sebagai makanan yang kaya akan serat. Bahkan, jika digabung dengan protein lain, gula darah dapat terkontrol dengan baik. Hal ini disebabkan oleh kemampuan serat yang dapat memperlambat penyerapan karbohidrat. Selain itu, beberapa penelitian dalam jurnal PubMed mengungkap bahwa protein dalam kacang ini berperan untuk menstabilkan gula darah pada penderita diabetes tipe 2.

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.