Informasi Travel Tips

Camping di Pantai, Kenapa Tidak?

Pinterest LinkedIn Tumblr

Liburan ke pantai tidak pernah menjadi hal yang membosankan. Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki ribuan pantai nan menawan untuk dijamah ketika traveling. Banyak hal yang dapat kita lakukan selama di pantai, salah satunya adalah camping. Penasaran untuk merasakannya? Tapi tunggu dulu, berkemah di pantai berbeda dengan berkemah di daerah pegunungan. Ada banyak hal yang perlu kamu persiapan untuk melakukannya. Nah, daripada bingung, kamu bisa coba beberapa tips berikut ini.

Kenali Karakter Pantai

Sebelum pergi, kamu perlu menentukan terlebih dahulu di pantai mana kamu akan melakukan camping. Selain itu, kamu pun perlu mencari tahu akses menuju ke sana, seperti rute perjalanan, estimasi waktu, dan menggunakan kendaraan apa. Salah satu hal yang terpenting, kamu perlu mengenali karakter pantai yang akan dituju. Keamanan pantai pun menjadi perhatian khusus untuk berkemah. Kamu perlu mempertimbangkan jenis pasir dan besar ombak di pantai.

Perhatikan Cuaca

Cuaca buruk akan sangat mengganggu waktu liburan kamu, terlebih untuk melakukan camping di pantai. Maka hal yang perlu diperhatikan adalah mengetahui cuaca di lokasi pantai. Kamu pun perlu mengetahui tanggal-tanggal tertentu yang memengaruhi besar ombak laut.

Persiapkan Amunisi Penting

Data kebutuhan peralatan dan barang lainnya untuk digunakan selama camping. Perhatikan juga hal-hal yang esensial seperti makanan, pakaian, dan obat-obatan. Utamakan membawa barang yang paling penting dahulu, jangan sampai carrier-mu penuh dengan barang-barang tak terpakai. Pastikan juga kamu melakukan packing dengan teratur.

Mencari Spot Mendirikan Tenda

Ketika sudah sampai di pantai, carilah tempat yang cenderung tertutup agar cukup menahan angin laut. Salah satu yang ideal adalah dengan mendirikan tenda di dekat pohon. Kamu pun perlu memerhatikan pasir di area tersebut. Pilihlah bagian pantai dengan pasir yang padat, sehingga pasak tenda kamu bisa kuat tertanam.

Nyalakan Api Unggun

Membuat api unggun di pantai lebih tricky, karena kita perlu bersiasat dengan angin laut. Sebelum membakar kayu, galilah pasir yang akan dibuat api unggun sedalam kurang lebih 15 cm. Kamu pun dapat membuat dinding kecil dari pasir mengelilingi api unggun agar panas api tetap terjaga.

Jangan Meninggalkan Jejak

Jagalah kebersihan barang bawaan kamu. Pastikan pula kamu mengelola sampah-sampah dengan baik. Sebelum pulang, kembalikan kondisi lokasi kamu mendirikan area berkemah seperti semula ketika pertama kamu menempatinya.

Audya
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.