Destinasi Indonesia

Bulan Desember ini Liburan ke Mana? Coba 6 Tempat Wisata Berikut

Pinterest LinkedIn Tumblr

Bulan Desember biasanya merupakan musim penghujan. Musim hujan ditambah denga badai dan banjir di beberapa wilayah di Indonesia membuat orang-orang menjadi “mager” untuk pergi ke tempat wisata. Selain itu, Desember juga merupakan peak season sehingga kebanyakan tempat liburan penuh dengan pengunjung. Eits, tapi bukan berarti kamu nggak bisa menikmati liburan di penghujung tahun ini. Masih ada destinasi lain yang seru untuk kamu sambangi saat di bulan ini. Holamigo sudah buat list destinasi khusus untuk kamu. Ada destinasi yang bisa ditempuh dengan kereta, lho. Jadi buruan booking tiket kereta api, jangan sampai kehabisan.

Yogyakarta

tempat wisata, bulan desember
Flickr.com/insukasuka

Siapa yang tak kenal kota gudeg ini. Kota ini selalu menjadi tempat wisata favorit para wisatawan baik dalam negeri maupun luar negeri. Kota ini tak hanya laku di bulan-bulan lain tapi juga di bulan Desember. Yogyakarta memiliki beragam destinasi wisata yang tak akan pernah membuat wisatawan bosan. Buat para penyuka pantai yang ingin merayakan akhir tahun di kota ini, terdapat banyak pilihan pantai yang bisa kamu kunjungi. Mampirlah ke daerah Gunung Kidul. Di sana terdapat banyak pantai yang asyik, seperti Ngrenehan, Drini, atau Wediombo. Penyuka kuliner, tinggal melipir ke Malioboro. Ingin liburan sambil menikmati keindahan bangunan bersejarah, bisa berkunjung ke candi-candi di Yogyakarta. Mau belanja murah? Datanglah ke Pasar Brigharjo. Lengkap, kan? Oh iya, ke Yogya, kamu bisa naik kereta api. Cek promo sebelum membeli tiket kereta api. Meski sekarang sedang musim hujan, sepertinya berlibur ke Yogyakarta tetap akan mengasyikkan.

Raja Ampat

musim hujan, tempat wisata
Flickr.com/uup

Ingin menghabiskan bulan Desember dengan diving atau snorkeling? Raja Ampat bisa jadi pilihan yang direkomendasikan. Meski jauh, tapi kamu akan mendapatkan pengalaman berkunjung ke tempat wisata yang wah banget. Raja Ampat memiliki banyak pulau-pulau kecil yang cantik lengkap dengan air lautnya yang jernih. Salah satu destinasi wisata untuk diving yang sudah terkenal hingga ke mancanegara, ya, Raja Ampat. Wisatawan mancanegara banyak yang kepincut dengan keindahan alam bawah lautnya. Di sini terdapat sekitar 540 jenis karang juga 1.511 spesies ikan. Karena bulan ini akan jadi peak season, pastikan kamu sudah booking tiket pesawat dari jauh-jauh hari kalau ingin ke Raja Ampat.

Lombok

peak season
Instagram @adhy_nata

Tetangga Pulau Dewata ini memang terkenal akan keindahannya. Belum lagi sekarang Lombok terkenal akan wisata halalnya, jadi bagi Muslim traveler akan lebih nyaman dan aman. Karena bulan Desember  merupakan peak season untuk liburan, bisa dipastikan pulau ini akan ramai dikunjungi wisatawan. Tapi jangan khawatir. Kamu bisa berkunjung ke tempat wisata yang masih jarang dikunjungi wisatawan tapi tetap menarik, contohnya Pusuk Sembalun, Gua Bangkang, Batu Payung, atau jembatan gantung kuno.

Danau Toba

tiket kereta api
Instagram @nuri_aliyah

Tertarik untuk liburan ke Sumatra Utara? Tempat wisata yang selalu ramai dikunjungi wisatawan di provinsi tersebut adalah Danau Toba. Untuk ke Danau Toba, kamu bisa coba naik kereta api dari Medan. Jarak tempuhnya sekitar 2,5 jam. Pastikan sudah pesan tiket kereta apinya, ya? Jangan khawatir soal destinasi wisata karena di sini banyak tempat yang bisa kamu kunjungi. Kamu bisa mengunjungi Lembah Bakkara yang merupakan tempat kelahiran Raja Sisingamangaraja XII, Puncak Sidiangkat, Inna Parapat Hotel untuk menikmati miniatur Belanda. Coba naik kapal pesiar di Danau Toba atau mampir ke Air Terjun Turunan atau disebut juga Air Terjun Naga yang airnya terlihat jernih saat musim hujan. Kamu juga bisa mengunjungi Pusuk Buhit yang merupakan tempat asal Suku Batak.

Banda Neira

tempat wisata, peak season, tiket kereta api, musim hujan
Instagram @brt__b

Gimana kalau liburan ke Maluku bulan Desember ini? Tertarik? Kunjungilah Banda Neira. Tempat wisata ini merupakan slaah satu kota administratif di Kepulauan Banda. Bagi kamu penyuka sejarah, tempat ini cocok sekali karena di sini terdapat rumah Bung Hatta dan Sutan Sjahrir. Kedua pahlawan ini sempat diasingkan ke pulau ini. Di sini juga terdapat sebuah benteng peningalan Belanda yang bernama Benteng Belgica. Liburan sambil mempelajari sejarah masa lalu sepertinya tak akan terganggu meski sedang musim hujan. Tapi kalau kamu lebih suka pantai dan pulau yang eksotis, Banda Neira juga punya tempat-tempat yang menarik. Sebut saja Pulau Hatta yang asyik dijadikan tempat untuk menikmati sunset. Mungkin kamu ingin menikmati pantai, kamu bisa singgah di Pantai Pisang yang merupakan destinasi wisata andalan dari Banda Neira. Banda Neira juga cocok buat kamu yang mau snorkeling atau diving karena banyak pulau-pulau atau pantai yang mempunyai alam bawah laut yang memesona.

Tana Toraja

musim hujan, peak season, tiket kereta api
Instagram @robintambing12

Liburan ke Sulawesi juga tak kalah asyiknya. Tana Toraja bisa jadi pilihan untuk kamu yang suka dengan budaya. Tempat wisata ini sudah mendunia dan di bulan Desember kamu bisa menyaksikan prosesi Rambu Solo. Prosesi ini hanya dilakukan di bulan Juni dan Desember. Rambu Solo adalah prosesi upacara pemakaman yang sangat meriah. Selain itu, ada juga pertunjukkan kesenian sebagai penghormatan penduduk Tana Toraja pada leluhurnya. Ada juga destinasi lain yang menarik untuk dikunjungi, seperti Desa Kete Kesu, Batutumonga, Objek Wisata Lemo/Londa, Bori Parinding, dan Pohon Tarra.

Baca juga:

5 Destinasi Wisata Yogyakarta dengan Sky View yang Memesona

5 Destinasi Menarik Untuk Kamu Yang Akan Bersiap Ke Papua

Bulan Desember masih menyisakan beberapa minggu ini lagi. Kamu bisa merencanakan mau liburan ke mana dan pakai alat transportasi apa. Untuk menghindari kehabisan tiket karena sekarang adalah peak season untuk liburan, pastikan kamu sudah memesan tiket jauh-jauh hari, baik itu tiket pesawat, tiket kereta api atau tiket bus. Karena sekarang musim hujan, jangan lupa untuk membawa jas hujan atau payung saat berwisata.

Sansan
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.