Informasi Travel Tips

Bukan Hanya Sekadar Liburan, Berikut Manfaat Pergi ke Pantai Bagi Kesehatan

Pinterest LinkedIn Tumblr

Siapa sih yang tidak suka pergi ke pantai? Menikmati bunyi desiran ombak, memanjakan mata dengan pesona birunya lautan membentang tak berujung, lalu membiarkan kaki memijak halusnya pasir pantai. Tanpa disadari, pesonanya yang tidak terelakkan pantai pun selain memanjakan seluruh indra, pantai pun memiliki sejuta manfaat. Jadi, tidak heran kan jika destinasi pantai bisa menjadi alternatif untuk memulihkan kesehatan baik jiwa maupun raga. Berikut segudang manfaat dari destinasi pantai.

Pasir Pantai Bisa Dijadikan Eksfoliator Telapak Kaki
Eksfoliasi tidak hanya berlaku untuk kulit daerah wajah loh! Telapak kaki kamu pun perlu eksfoliasi. Idealnya kamu bisa melakukan eksfoliasi kaki dengan beberapa cara, diantaranya menggunakan body scrub. Namun, jika kamu sedang liburan ke pantai, tidak ada salahnya kamu jalan-jalan di pasirnya tanpa alas kaki. Dengan begitu, kaki kamu akan mendapatkan manfaat eksfoliasi alami dari pasir pantai.

Paparan Sinar Matahari Adalah Sumber Vitamin D, Asal Jangan Berlebihan
Memang paparan UVA dan UVB tidak baik bagi kulit, beberapa resiko yang didapat pun tidak main-main mulai dari penuaan dini hingga kanker kulit. Namun, selama kamu menggunakan sunscreen minimal SPF 30, kulit kamu tetap terlindungi maksimal dan tetap bisa mendapatkan manfaat vitamin D dari UVB. Jika kamu tidak menggunakan sunscreen, kamu tetap bisa terpapar sinar matahari maksimal 15 menit. Namun, jika kamu akan terpapar sinar matahari lebih dari 15 menit, sebaiknya gunakan sunscreen. Semakin tinggi kandungan SPF pada sunscreen, akan lebih lama pula kamu dapat terpapar sinar matahari tanpa re-apply.

Membernarkan Tekstur Rambut Dengan Air Laut
Kondisi rambutmu saat ke pantai merupakan kondisi paling sempurna karena saat seperti ini kondisi rambutmu terbebas dari produk kimia. Kandungan air laut yang mengandung garam dapat menyerap kelebihan minyak pada kulit kepala dan rambut. Jadi, jangan heran jika rambutmu terpapar air laut mendadak memiliki tekstur lebih lembut dari biasanya. Namun, jangan sampai terlena dengan kondisi rambutmu ya. Sebaiknya setelah kamu bermain di pantai, kamu bilas kembali rambutmu dan gunakan conditioner untuk menjaga kelembapan rambutmu.

Hanya Sekadar Diam di Pantai Pun Dapat Menurunkan Stress
Sebuah studi dari University of Exeter mengungkapkan jika orang yang berada atau tinggal di daerah pantai akan mendapat manfaat bagi kesehatan mentalnya. Jadi, walaupun hanya sekadar duduk di pasir pantai, bermain-main dengan air laut, atau berjalan di sekitar garis pantai, kamu akan tetap mendapatkan manfaatnya. Suara ombak pun memberi dampak positif bagi kesehatan mental, diantaranya  menenangkan pikiran hingga membantu seseorang mencapai kondisi meditasi. Wajar jika seseorang saat sedang di pantai, kondisi pikirannya akan tenang seketika.

Setelah tahu banyak manfaat dari liburan ke pantai, masih enggan untuk berburu vitamin sea?

 

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.