Informasi Kuliner

Bila Tak Ingin Terjangkit Virus Corona, Hindari Jenis Makanan Ini!

Pinterest LinkedIn Tumblr

Virus corona atau coronavirus kini tengah menjadi perbincangan hangat di seluruh dunia. Belum lagi virus ini telah memakan lebih dari 20 korban jiwa. Bukan itu saja, coronavirus pun sudah menyebar ke berbagai negara, termasuk Amerika Serikat dan Thailand. Lantas bagaimana dengan Indonesia? Meskipun belum sampai masuk ke tanah air, pemerintah dan pihak medis telah melakukan berbagai tindakan preventif agar virus ini tidak sampai menjangkit masyarakat.

Virus corona yang dianggap memiliki gejala sama seperti influenza ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah makanan. Bila tidak ingin terjangkit virus yang berkode 2019-nCov ini, masyarakat dihimbau untuk lebih memilah-milah asupan makanannya. Pasalnya, virus ini bisa ditularkan lewat makanan yang berbahan dasar satwa liar seperti yang banyak dijual di Tiongkok.

Kemunculan Coronavirus

Image source: webmd.com

Virus corona muncul pertama kali di Wuhan, Provinsi Hubei, Tiongkok. Kabarnya, wabah ini bersumber dari Pasar Basah Wuhan yang ternyata tidak hanya menjual hidangan laut saja namun daging hewan liar dan eksotis. Banyak juga yang memberitakan bahwa coronavirus muncul karena penderitanya mengkonsumsi daging kelelawar atau ular. Daging dari dua hewan tersebut umumnya dijual di Pasar Basah Wuhan. Bukan hanya ular dan kelelawar saja, daging hewan lain yang dijual adalah buaya, anjing, tikus bambu, landak, rusa, dsb. Semua hewan tersebut disembelih di tempat dan si pembeli biasanya menjadikan daging hewan liar tersebut sebagai sajian sup atau hidangan lainnya.

Hati-hati dalam Mengonsumsi Makanan

virus corona
Image source: wowkeren.com

Para pakar mikrobiologi dalam World Economic Forum memaparkan tentang transmisi virus corona dari kelelawar ke ular kemudian ke manusia. Coronavirus bisa menjangkit manusia jika mereka mengonsumsi hewan yang sebelumnya telah terpapar oleh virus ini. Oleh karena itu, para pakar mikrobiologi mewanti-wanti agar manusia lebih berhati-hati dalam memilih makanan untuk dikonsumsi, khususnya bila bahan dasarnya adalah hewan. Pastikan jenis hewannya apa, bagaimana cara memasaknya, dan apa khasiat yang ditawarkan. Kendalikan daftar makan serta jangan asal pilih dan asal makan saja.

Hindari Mengonsumsi Satwa Liar

Image source: theconversation.com

Isu yang tengah hangat saat ini adalah dugaan daging kelelawar yang memiliki serangkaian patogen mematikan hingga akhirnya virus corona muncul dan menjangkit manusia yang mengonsumsi daging tersebut. Oleh karena itu, mengonsumsi satwa liar, terlebih yang dilindungi dan tidak mengalami karantina terlebih dahulu, sangatlah tidak dianjurkan jika tidak ingin terjangkit virus berbahaya.

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.