Seni

Bertamu ke Griya Seni Popo Iskandar di Bandung

Pinterest LinkedIn Tumblr

Selain karena sejuknya dan panorama alamnya, Bandung pun dikenal sebagai kota yang banyak melahirkan seniman. Salah satu yang melegenda dalam bidang seni rupa adalah Popo Iskandar. Ia adalah seorang pelukis kelahiran 1927 yang banyak menghasilkan karya-karya ya ekspresif.

Di kawasan Bandung Utara, ada sebuah galeri yang menampilkan memorabilia Popo Iskandar. Sebuah rumah putih yang disulap menjadi galeri sekaligus museum ini bernama Griya Seni Popo Iskandar. Lokasinya berada di Jalan Setiabudi No. 235, tepat berada di belakang kawasan Universitas Pendidikan Indonesia.

Mengikuti Jejak Hidup Sang Maestro

Griya Seni Popo Iskandar
Griya Seni Popo Iskandar | Image credit: instagram.com/griyasenipopoiskandar

Bangunan Griya Seni Popo Iskandar merupakan tempat sang maestro menghabiskan hidupnya. Di rumah ini, kita dapat melihat ruangan-ruangan yang disulap menjadi museum kecil yang memberikan informasi mengenai Popo Iskandar.

Di sini pun kita masih dapat melihat beberapa karya lukis Popo Iskandar yang terkenal dengan lukisan figur kucing. Pada beberapa sudut ruangan pun terpasang foto-foto serta benda-benda peninggalannya. Salah satu yang ikonik adalah sepeda kumbang yang digunakan semasa hidupnya.

Tempat ini pun memiliki sebuah perpustakaan kecil. Sudut perpustakaannya sangat eye catching karena memiliki rak buku berbentuk tulisan “Art”. Beragam buku koleksinya antara lain bertema seni rupa, musik, arsitektur, dan sastra. Ruangannya pun dibuat hangat dan nyaman.

Menjadi Wadah Berkesenian Bagi Anak Muda

Griya Seni Popo Iskandar
Salah satu bagian ruang galeri | Image credit: instagram.com/tatohchan

Selain digunakan sebagai museum kecil, Griya Seni Popo Iskandar juga difungsikan sebagai sebuah galeri yang menampilkan pameran-pameran yang bersifat temporer. Dengan begitu, tempat ini pun menjadi wadah bagi para seniman muda untuk berkembang dan memamerkan karya-karyanya.

Untuk masuk ke dalam Griya Seni Popo Iskandar, kita tidak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun alias gratis! Akses untuk masuk ke dalamnya, kita perlu masuk ke dalam gang yang berada tepat di belakang area parkir utara Universitas Pendidikan Indonesia. Jarak dari jalan raya ke dalam gang pun tak jauh, dapat ditempuh dengan berjalan kaki.

Baca juga Wot Batu, Ruang Perjalanan Spiritualitas Sunaryo

Audya
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.