Kesehatan Kuliner

Bersihkan Usus Besar Kamu dengan Mengonsumsi 5 Makanan Ini!

Pinterest LinkedIn Tumblr

Usus besar merupakan organ tubuh yang penting dalam proses pencernaan kita. Bila usus tersebut kotor, maka berbagai masalah kesehatan pun bisa kamu alami, seperti gangguan pencernaan hingga kanker. Untuk menghindari gangguan tersebut, tentunya kamu perlu memastikan bahwa usus tersebut selalu bersih dari limbah makanan yang mengendap. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan limbah makanan dalam usus, salah satunya mengonsumsi makanan tertentu. Dilansir dari Healthline, lima makanan berikut ini dapat membantu proses pembersihan usus kamu:

Ikan Berlemak

salmon makanan pembersih usus besar
Image source: @keto.huyen833

Berdasarkan penelitian yang dirilis dalam jurnal Gut, seseorang yang mengidap kanker kolorektal akan memiliki risiko kematian yang lebih rendah jika mengonsumsi asupan lemak omega 3. Kandungan ini diketahui dapat menghentikan pertumbuhan sel kanker. Bahkan bisa juga membunuh sel kanker usus besar. Lemak omega 3 bisa kamu dapatkan dari ikan, seperti sarden dan salmon.

Sayuran Hijau

Image source: @asophieacker

Salah satu sumber serat yang dibutuhkan oleh tubuh terdapat pada sayuran. Namun, sayuran yang dapat membersihkan usus dengan kandungan serat yang baik dimiliki oleh sayuran hijau. Hal ini didukung oleh penelitian yang diterbitkan dalam Nutrition and Cancer. Menurut penelitian tersebut, makan satu porsi sayuran hijau yang dimasak dapat menurunkan  risiko kanker usus besar sebanyak 24%. Oh ya, ada cara mudah untuk memastikan kamu mengonsumsi cukup sayuran yang kaya akan serat. Menurut The Healthy, pastikan dalam satu piring makan, 2/3 bagian piring tersebut diisi oleh sayuran kaya serat seperti kangkung, brokoli, dan kembang kol.

Yogurt

Image source: @adamwidomski

Satu lagi makanan yang dapat mengurangi risiko terkena kanker kolorektal, yaitu yoghurt. Makanan ini mengandung probiotik yang berfungsi untuk menyehatkan usus. International Journal of Cancer bahkan mengungkap bahwa mengonsumsi yogurt secara rutin dapat mengurangi risiko terkena kanker usus besar sebanyak 38%. Belum lagi probiotik mengandung bakteri sehat yang dapat mengurangi gas yang disebabkan oleh mengonsumsi makanan tertentu.

Biji-bijian Utuh

Image source: @skinnytaste

Coba deh untuk mengurangi konsumsi tinggi karbohidrat simplex atau karbohidrat sederhana dan menggantinya dengan karbohidrat complex atau biji-bijian utuh. Makanan ini dipercaya dapat membantu membersihkan usus besar. Ditambah lagi ada laporan dari Harvard T.H Chan School of Public Health tahun 2017 yang mengungkap bahwa mengonsumsi tiga porsi biji-bijian setiap hari dapat membantu menurunkan risiko terkena kanker usus sebanyak 17%. Yang termasuk dalam biji-bijian utuh adalah beras coklat, quinoa, gandum, dll.

Oatmeal

Image source: @michelliiiiii

Oat mengandung vitamin D, serat, dan kalsium yang tinggi sehingga baik untuk dikonsumsi dan dapat menjaga kinerja sistem pencernaan. Tidak heran bila makanan yang berbahan dasar oat atau oatmeal dapat membantu membersihkan usus besar kamu. Tetapi, jika kamu tidak terbiasa dengan makanan yang tinggi kalsium atau serat, jangan terlalu berlebihan mengonsumsinya karena bisa menyebabkan gangguan pencernaan seperti sembelit, diare, atau kembung. Jadi, tambahkan menu kaya serat dan kalsium sedikit-sedikit dalam menu sehari-harimu.

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.