Kuliner

Berkenalan dengan Ramdon, Kuliner Simbolis Khas Film Parasite

Pinterest LinkedIn Tumblr

Parasite kini tengah menjadi perbincangan hangat. Pasalnya film dari Korea Selatan ini berhasil menyabet empat piala Oscar sekaligus. Bahkan, film ini menjadi film non-Bahasa Inggris pertama yang mendapatkan piala penghargaan untuk kategori Best Picture. Banyak hal dan pesan moral yang bisa kamu pelajari dalam film ini. Belum lagi terdapat simbol-simbol yang menarik untuk diperbincangkan, termasuk dari sisi kuliner.

Baca Juga:

Dari segi kuliner, ada satu hidangan yang juga ikut mencuri perhatian. Namanya ramdon. Kira-kira apa sih hidangan tersebut? Kok terdengar asing ya? Lalu apa simbol yang dimiliki hidangan tersebut?

Mengenal Ramdon Lebih Dekat

Film Parasite
Neon Pictures via LATimes

Sutradara film Parasite, Bong Joon Ho yang sebelumnya juga menyutradai film Okja, Snowpiercer, dan Mother, menampilkan berbagai simbol terutama yang menyangkut pembeda antara si kaya dan si miskin. Salah satu simbol itu tercermin dalam kuliner khas film ini yang disebut ramdon. Nama makanan ini muncul ketika Choi Yeon Gyo yang diperankan oleh Cho Yeo Jeong meminta pembantunya, Kim Chung Sook (Jang Hye Jin) untuk membuat ramdon. Sang pembantu yang baru saja mendengar nama makanan itu tentu bertanya-tanya jenis makanan seperti apa ramdon.

jjapagetti and neoguri
Image source: maangchi.com

Sebenarnya, di Korea Selatan, ramdon dikenal sebagai hidangan yang berbahan dasar dua mie instant dan diberi topping daging sirloin premium yang dikenal dengan istilah hanwoo. Nama aslinya bukanlah ramdon, namun jjapaguri. Nama jjapaguri disematkan karena kuliner ini terbuat dari dua mie dengan merk Jjapaghetti (mie saus kacang hitam) dan Neoguri (mie kuah bersaus pedas dengan tekstur lebih kenyal dan mirip udon), makanya namanya jjapaguri.

Lantas mengapa Darcy Paquet, yakni orang yang bertanggung jawab dalam penerjemahan film Paraiste, menciptakan istilah ramdon? Paquet mengatakan nama ramdon muncul dari hasil penggabungan ramyeon dan udon. Ia menambahkan bahwa sangatlah penting untuk penonton memahami unsur humor yang terkandung dalam film ini. Selain itu, orang asing tidak banyak yang tahu tentang dua merk mie instant yang menjadi bahan utama jjapaguri atau ramdon. Oleh karena itu, Paquet menggabungkan dua istilah yang lebih familiar di telinga masyarakat dunia, yakni ramyeon dan udon.

Simbol Ramdon

kuliner khas parasite
Daging sirloin yang menjadi topping mie Image source: pilipiligram.

Dalam film Parasite, jjapaguri dibuat lebih istimewa bukan tanpa alasannya. Dilansir dari Los Angeles Times, Bong Joon Ho menjelaskan bahwa topping hanwoo dalam ramdon sengaja digunakan untuk menggambarkan kesenjangan sosial. Mie instant merupakan hidangan yang murah dan banyak disukai berbagai kalangan, dari mulai anak-anak hingga dewasa, baik orang kaya maupun miskin. Namun, dalam film ini, Cho Yeo Jeong tidak tega  bila anak-anaknya mengonsumsi hidangan murah seperti mie sehingga ditambahkanlah daging sirloin premium.

Melalui modifikasi kuliner tersebut, Bong ingin menegaskan penggambaran seoran ibu dengan strata sosial tinggi yang ingin menyenangkan anaknya melalui hidangan yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat dari kalangan bawah. Hanya setelah mie itu ditambahkan bahan yang istimewa, barulah ramdon layak dikonsumsi. Itulah makna dari hidangan ini dalam film Parasite. Kamu tertarik untuk mencoba atau membuat sendiri hidangan ini?

Baca Juga:

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.