Kuliner

Berkenalan dengan 5 Kuliner Purworejo yang Menggugah Selera

Pinterest LinkedIn Tumblr

Purworejo tengah menjadi perbincangan hangat setelah kasus Kerajaan Agung Sejagat menjadi viral di Indonesia. Namun, terlepas dari kasus tersebut, kuliner Purworejo juga tak kalah menarik untuk dibahas. Pasalnya makanan khas daerah tersebut tak kalah lezat dan menggugah seleranya dengan kuliner khas nusantara lainnya. Lalu apa saja sih kuliner khas dari daerah ini? Setidaknya ada 5 makanan khas daerah ini yang para pecinta kuliner wajib ketahui , yaitu:

Clorot

Image source: @tentang_purworejo

Berbahan dasar tepung beras dan gula merah, clorot merupakan kuliner Purwokerto yang dibungkus dengan menggunakan daun kelapa muda atau janur. Bentuknya seperti terompet yang merupakan ciri khas dari kue ini. Dari segi rasa, clorot memiliki rasa manis sekaligus gurih. Kalau kamu berkunjung ke Purworejo dan ingin mencicipi clorot, coba deh berkunjung ke pasar yang ada di sana. Tidak sulit kok untuk mendapatkan kue manis ini.

Geblek

kuliner purworejo bernama geblek
Image source: @kantorpospurworejo

Nama kuliner Purworejo yang satu ini terdengar unik, kan? Geblek berbahan dasar tepung singkong atau kanji yang telah dibumbui. Bisa dibilang camilan yang satu ini mirip seperti cireng ala Bandung lho! Memiliki cita rasa gurih, geblek lebih enak disantap bersama bumbu kacang dan menjadi teman minum teh atau kopi. Sebenarnya, kuliner ini tidak hanya populer di Purworejo, tapi juga di daerah Kabupaten Kulonprogo dan Wonosobo. Namun, tiap daerah tentu saja memiliki geblek dengan ciri khas tersendiri.

Sego Megono

makanan khas purworejo
Image source: @jogjaculinary

Disebut juga nasi megono, kuliner Purworejo ini merupakan nasi yang dihidangkan bersama nangka muda dan parutan kelapa yang diberi bumbu khas Purworejo. Nangka mudanya dicacah terlebih dahulu dan diberi parutan kelapa sebelum diolah dan dihidangkan bersama nasi. Untuk menambah kenikmatan hidangan ini, biasanya lauk seperti bandeng presto, telur balado, sate, dan ayam goreng dijadikan sebagai pendamping hidangan.

Dawet Ireng

Image source: @petafoodindonesia

Bisa dibilang kuliner Purworejo ini seperti es dawet atau es cendol hanya saja warnanya hitam. Warna tersebut berasal dari jerami padi yang dibakar lalu abunya dihaluskan dan digunakan sebagai pewarna alami dawet tersebut. Cara penyajian dawet ireng pun sama seperti es dawet atau es cendol pada umumnya, yaitu disajikan dalam mangkuk kecil dan disiram dengan santan kelapa sebelum ditambah es serut. Oh ya, untuk menambah rasa manis, tidak lupa juga ditambahkan cairan gula merah kental.

Sate Winong

Image source: @mustfree

Meskipun nampak sama seperti jenis sate pada umumnya, sate winong memiliki ciri khas tersendiri yang terletap pada bumbunya. Kuliner Purworejo ini berbahan dasar kambing muda dengan bumbu sate yang terbuat dari kecap manis, gula merah, dan rempah-rempah. Biasanya sate ini dihidangkan bersama irisan bawang merah, cabai rawit, dan mentimun. Dari segi rasa tentu saja sate ini tidak kalah lezatnya dengan sate khas nusantara lainnya.

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.