Destinasi

Berjalan Kaki Menyusuri 4 Museum di Sekitar Gedung Sate Bandung

Pinterest LinkedIn Tumblr

Jalan kaki menjadi salah satu aktivitas yang menyenangkan dilakukan di Kota Bandung. Dengan sejarahnya yang panjang, kota ini memiliki banyak lokasi bersejarah yang masih bertahan hingga kini. Salah satu cara untuk mengenal sejarah di Kota Bandung adalah dengan berkunjung ke museum.

Kali ini Holamigo merangkum museum-museum di sekitar Gedung Sate yang dapat kamu kunjungi dengan berjalan kaki. Yuk catat tempat-tempatnya!

Museum Perjuangan Rakyat Jawa Barat

Museum Perjuangan Bandung
Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat | Image credit: instagram.com/erfanhuda

Perjalanan ini dimulai dari Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat, atau yang populer dengan sebutan “Monju”, di Jalan Dipati Ukur. Di bagian bawah monumen tersebut, terdapat relief yang mengapit sebuah pintu menuju Museum Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat.

Kita dapat menjelajahi museum ini untuk mendapatkan kisah sejarah tentang berbagai peristiwa penting perjuangan masyarakat Jawa Barat dalam memperjuangkan kemerdekaan.

Museum Gedung Sate

Museum Gedung Sate Bandung
Museum Gedung Sate Bandung | Image credit: museumgedungsate.org

Untuk mencapai Museum Gedung Sate, kita harus berjalan ke arah selatan keluar area kompleks Monju. Setelah itu, menyebarangi Lapangan Gasibu, kemudian masuk ke dalam kompleks Museum Gedung Sate.

Posisi museumnya terletak di bangunan Gedung Sate bagian belakang, dekat gerbang selatan. Dengan konsep yang memadukan teknologi dan audiovisual, Museum Gedung Sate memberikan informasi terkait sejarah seputar Gedung Sate dan pemerintahan Jawa Barat.

Museum Pos

 

"<yoastmark

Letak gedung museum ini masih di kompleks Gedung Sate. Kita bisa masuk mengaksesnya melalui Jalan Cilaki No. 73. Museum ini memiliki koleksi prangko dari berbagai negara dengan jumlah yang mencapai ribuan.

Beragam benda koleksi menarik lainnya yang berhubungan dengan perkembangan pos di Indonesia ditampilkan di dalam museum ini.

Museum Geologi

Museum Geologi Bandung
Museum Geologi Bandung | Image credit: Ikhlasul Amal (flickr.com)

Setelah puas mengunjungi Museum Pos, kita bisa berjalan ke arah Jalan Diponegoro menuju Museum Geologi. Museum ini letaknya di Jalan Diponegoro No. 57.

Museum Geologi menjadi salah satu primadona masyarakat Kota Bandung karena memiliki koleksi replika fosil Tyranosaurus setinggi 3 meter. Di museum ini kita akan mendapatkan informasi terkait ilmu geologi dan kebumian khususnya di Indonesia.

Museum Perbendaharaan

Museum Perbendaharaan Bandung
Museum Perbendaharaan Bandung | Image credit: Iffah Sulistyawati (flickr.com)

Di samping Museum Geologi, terdapat sebuah Gedung yang dikenal dengan Gedung Dwi Warna. Gedung ini pernah menjadi lokasi penyelenggaraan rapat komisi Konferensi Asia Afrika tahun 1955.

Di Gedung ini, terdapat Museum Perbendaharaan yang menampilkan koleksi-koleksi dokumen, pustaka, serta benda-benda bersejarah terkait dengan pengelolaan keuangan negara.

Baca juga Mengintip Lukisan-Lukisan Karya Sang Maestro di Museum Basoeki Abdullah

Audya
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.