Inspirasi Travel Tips

Tips Untuk Kamu yang Suka Belanja di Duty-Free

Pinterest LinkedIn Tumblr

Duty-Free atau toko bebas pajak – bagi kamu yang suka belanja – sudah pasti surga kecil di dalam bandara. Biasanya orang mulai menyentuh toko bebas pajak ini dengan berbagai maksud. Ada yang ingin mendapatkan harga menarik, menghabiskan waktu sebelum pergi, ada pula mencari barang yang tidak punya. Namun, saat kamu menyambangi toko ini, jangan sampai kalap terus lupa diri. Mengutip CNN Indonesia, kamu perlu setidaknya riset terlebih dahulu harga duty-free di setiap negara. Kamu juga bisa menerapkan beberapa tips berikut saat berbelanja di toko bebas pajak:

Baca Dulu Hak yang Kamu Dapatkan

Barang-barang yang ada di duty-free memang menggiurkan, namun jangan sampai kamu lupa periksa kembali hak kamu sebagai pembeli. Turis Indonesia yang kembali ke Tanah Air hanya diperkenankan membawa 200 batang rokok, 25 cerutu, 100 gram tembakau, dan 1 liter minuman. Jika kamu membeli barang mewah, pastikan harganya tidak lebih dari US$50 atau US$1000 per keluarga. Kamu juga tidak perlu pusing, karena petugas duty-free biasanya meminta paspor pembeli saat mencetak bon pembayaran, jadi kamu bisa mengetahui jumlah barang yang akan kamu bawa pulang.

Bandingkan Kembali Harga

Barang-barang di duty-free memang menggiurkan, bahkan tidak jarang barang-barang tersebut tidak ada di Indonesia. Sebelum mengambil barang di duty-free, kamu harus cek terlebih dahulu barang tersebut di toko online. Jadi, luangkan banyak waktu agar belanja di toko ini lebih nyaman dan bisa membandingkan harga terlebih dahulu.

Camkan Jika Tidak Semua Barang di Duty-Free Murah

Mengutip penelitian The Point Guy, Karibia merupakan surganya alkohol murah, tembakau di Asia. Sementara kosmetik dan wewangian di Eropa. Bandara dengan outlet duty-free termurah berada di bandara Kuala Lumpur, Malaysia (KUL). Sementara outlet paling mahal berada di Santorini, Yunani (JTR)

Jika kamu memang perlu kosmetik, suvenir, dan lainnya, cobalah cari di luar bandara yang harganya jah lebih murah.

Simpan Bukti Pembayaran

Simpanlah pembayaran dari duty-free, jadi dapat menjadi bukti saat keluar masuk bandara. Kamu pun harus jujur saat mengisi bea cukai di bandara. Sehingga kamu tidak perlu membayar denda saat berada di bandara tujuan. Kamu juga bisa menggunakan mata uang lokal daripada dollar saat berbelanja, supaya proses pembayaran lebih murah.

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.