Inspirasi Travel Tips

Begini Cara Mengatasi Kehabisan Baju Bersih di Saat Liburan

Pinterest LinkedIn Tumblr

Di saat liburan berlangsung biasanya kamu akan keasikan jalan-jalan atau kulineran sampai-sampai tanpa sadar, kamu malah kehabisan baju bersih. Padahal, liburan yang kamu nikmati masih tersisa beberapa hari lagi. Malah, ada satu hari untuk perjalanan ke rumah. Kalau kamu pernah atau sedang berada di situasi ini, tetap tenang dan tidak perlu panik ya! Ada beberapa solusi yang bisa coba kamu lakukan kok. Misalnya, jika kamu tidak menemukan tempat laundry di sekitar tempat kamu berlibur, solusi termudah yang bisa kamu lakukan yaitu dengan mencuci pakaian kotor di wastafel kamar mandi. Kamu hanya perlu sisihkan sedikit waktu untuk mencuci pakaian di saat berlibur. Masih bingung? Begini solusi yang bisa kamu lakukan saat kehabisan baju bersih.

Gunakan Pakaian Dengan Bahan Tidak Mudah Kusut

Kain sutra tidak dianjurkan untuk dibawa
kain sutra mudah kusut – pixabay.com

Sebelum melakukannya, terlebih dahulu pikirkanlah bagian apa saja yang harus kamu bersihkan nanti. Ketika dalam perjalanan, hindarilah membeli baju atau celana hanya karena terlihat bagus. Selain itu, jika tidak ingin terlihat berantakan, jangan membawa atau menggunakan pakaian berbahan linen maupun sutra. Karena kedua bahan tersebut rawan kusut dan tentu kamu akan kerepotan saat mencuci bahan ini saat liburan.

Kamu bisa gunakan pakaian berbahan katun yang biasanya menjadi bahan utama t-shirt atau kaos. Karena biasanya bahan jenis ini tidak mudah kusut dan cepat kering. Selain itu, bahan ini bersifat stretch atau mudah meregang. Sehingga, saat dijemur atau dicuci, bentuknya mudah kembali seperti semula dan tidak perlu khawatir kusut saat digunakan. Walaupun kusut, penampakannya tidak akan sesignifikan bahan lainnya. Jadi jangan khawatir kehabisan baju jika kamu tahu bahan pakaian yang baik untuk kamu.

Tidak Disarankan untuk Menggunakan Pakaian Berbahan 100% Serat Katun

bahan 100% katun
hindari bahan katun saat liburan panas – pixabay

Apabila kamu liburan ke tempat yang panas dan cenderung lembab, pakaian yang memiliki bahan 100% serat katun seperti jeans atau jenis cotton combed 20s-  mungkin bukan pilihan yang tepat. Karena jika kamu berkeringat, kedua jenis bahan ini malah membuat kamu tidak nyaman karena basah dan celana pun terasa lebih longgar.

Gunakan baju berbahan cotton combed 30s agar kamu tetap merasa nyaman. Pasalnya, jenis cotton combed 30s adalah jenis bahan katun paling tipis di antara jenis katun lainnya. Untuk antisipasi kehabisan celana, kamu mesti segera mendinginkan kembali celana panjang yang digunakan agar bentuknya kembali seperti semula. Selain itu, kamu pun bisa beri sedikit taburan bedak bayi sehingga tidak bau apek saat digunakan.

Selagi Bisa, Keringkan Baju Kamu Dengan Pengering Rambut Atau Memeras Cucian

pengering rambutpengering rambut – pixabay.com

Apabila cuaca di tempat kamu berlibur terasa sangat lembab yang akhirnya membuat celana berbahan jeans yang kamu pakai tidak akan kering. Pada akhirnya malah cucian kamu mesti dimasukan ke dalam kantong plastik saat pulang. Daripada hal itu terjadi pada kamu, cobalah untuk mencuci dan mengeringkanya dengan kilat.

Kamu bisa memeras cucian dengan menggulung pakaian secara kuat hingga tidak ada air yang menetes, kemudian gantungkan agar terkena angin. Namun jika kamu menginap di penginapan yang bagus atau dilengkapi dengan pengering rambut, kamu dapat mengeringkan cucian – baik jeans atau bahan katun dengan menggunakan pengering rambut yang tersedia di dalam kamar mandi.

Mencuci Pakaian Khusus di Bagian yang Terkena Noda

Sebaiknya kamu tidak perlu merendam seluruh bagian baju, jika baju terakhir yang dicuci terkena noda. Coba untuk membersihkannya dengan shampoo atau sabun cair yang biasanya tersedia di hotel atau tempat kamu menginap. Bersihkan pada bagian yang hanya terkena noda saja.

Bahkan, jika kamu memaksakan mencuci menggunakan satu sachet detergent atau sabun lainnya hanya untuk satu hingga dua stel pakaian. Selain boros, malah hal tersebut membuat pakaian kamu terlihat lusuh. Pasalnya, satu sachet detergent atau sabun lainnya memang diperuntukkan untuk satu bak cucian. Jadi, sabun cuci banyak pun tidak menjamin pakaian kamu bersih bebas bau, lho! Jangan korbankan isi koper kamu karena kehabisan baju bersih ya!

 

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.