Informasi

Banjir Menghanyutkan Paspor Kamu? Segera Urus, Bebas Biaya Denda!

Pinterest LinkedIn Tumblr

Sudah di pertengahan Januari, banjir masih menghantui – khususnya di Jakarta. Tidak sedikit pula korban banjir pun kewalahan mengevakuasi berbagai dokumen penting, termasuk paspor. Pasti banyak pula yang kehilangan atau dokumen penting menjadi rusak karena hanyut banjir. Tapi bagi kamu yang kehilangan paspor atau rusak karena banjir, jangan sedih apalagi risau! Karena Direktorat Jenderal Imigraasi membuat kebijakan untuk membuat paspor baru secara gratis atau tanpa biaya denda. Prosesnya pun akan dipermudah, demi meringankan para korban banjir. Berikut prosedur mengurusi paspor hilang.

Datanglah ke Kantor Imigrasi Dengan Membawa Surat Laporan dari Kantor Kelurahan Domisili

urus paspor untuk korban banjir
instagram.com/ditjen_imigrasi

Untuk kamu yang paspornya hilang atau rusak karena banjir segera datang ke kantor imigrasi penerbit. Kemudian kamu lampirkan surat keterangan terjadinya banjir dari kantor kelurahan. Setelah itu kamu akan diminta melengkapi persyaratan dokumen prosedur berita acara pemeriksaan atau BAP oleh petugas setempat.

Berikut proses BAP yang dikutip dari Jakartapusat.imigrasi.go.id:

  1. Proses pembuatan Berita Acara Pemeriksaan
  2. Membuat Berita Acara Pendapat
  3. Proses pembuatan surat atau rekomendasi ke Kanwil untuk paspor rusak yang masih berlaku, proses tersebut akan memakan waktu maksimal dua hari kerja

Setiap Proses Tidak ada Denda Baik itu Hilang Maupun Rusak

urus paspor untuk korban banjir
instagram.com/ditjen_imigrasi

Perlu diketahui jika pembuatan paspor ulang karena hilang atau rusak akan dikenakan biaya denda sebesar Rp 500 ribu untuk paspor rusak. sementara untuk paspor hilang akan dikenakan biaya Rp 1 Juta. Namun khusus untuk kejadian banjir ini, Ditjen Imigrasi tidak akan memberlakukan aturan tersebut alias bebas biaya denda. Kamu hanya diminta biaya paspor baru sesuai ketentuan yakni sebesar Rp 350.000 untuk paspor biasa 48 halaman. Sementara untuk e-paspor akan dikenakan biaya sebesar Rp 650.000.

Mulai Jaga Dengan Baik Paspor Kamu Dengan Cara Ini

urus paspor untuk korban banjir
Cara menjaga paspor – pixabay.com

Mengingat dendanya yang cukup mahal, kamu perlu lindungi paspor kamu dengan baik. Walaupun memang yang namanya bencana tidak bisa diprediksi, apalagi masalah musibah yang menyangkut diri kamu saat liburan.

Jika posisi kamu sedang di rumah, kamu bisa satukan paspor dengan dokumen penting lainnya. Sementara jika kamu posisinya sedang liburan, letakan paspor di tempat aman dan jangan merubah posisi tempat penyimpanannya. Jangan sekali-kali pula kamu menaruhnya di saku baju atau celana.

Untuk e-paspor, pastikan kamu tidak melipat, terbanting, dan tertekuk. Karena terdapat chip yang menyimpan data kamu dan chip ini begitu rentan terhadap tempat lembap dan panas. Usahakan tidak ditaruh pula di dekat area eletromagnetik. Kamu juga perlu menyimpan beberapa salinan data paspor yang terdiri dari foto, tanggal lahir, nomor, nama, dan informasi lainnya. Bisa juga backup data yang kamu miliki dipindahkan ke email, sehingga kamu bisa akses saat ada masalah.

Cover atau Sampul Paspor Pun Dapat Melindungi Paspor Dari Resiko Kerusakan

Upaya terakhir, lapisi paspor dengan cover atau sampul. Tak perlu bingung, karena saat ini pun sudah banyak cover paspor yang menarik serta kuat untuk melindungi paspor dari basah atau rusak. Sehingga sudah tidak perlu lagi risau paspor kebasahan, selama material sampul paspor kamu kuat dan tahan air. Setelahnya, jangan lagi kamu malas menyimpan paspor setelah kamu keluarkan.

Kini kamu mungkin sudah tidak perlu lagi risau dengan paspor yang rusak dan hilang karena hanyut banjir. Bagi kamu korban paspor hilang, segera urus ke Kantor Imigrasi dan jaga baik-baik paspor kamu ya.

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.