Kuliner

Bagi Negara Berikut, 8 Makanan Ini Dipercaya Membawa Keberuntungan

Pinterest LinkedIn Tumblr

Tidak jarang hidangan atau makanan dianggap memiliki simbol keberuntungan atau kemakmuran. Misalnya saja jeruk mandarin yang berwarna oranye keemasan memiliki simbol kemakmuran di Tiongkok. Negara-negara lainpun memiliki makanan dengan makna serupa. Apa saja makanan tersebut dan dari mana kepercayaan itu berasal? Berikut ulasan selengkapnya!

Baca Juga:

Anggur

12 anggur disantap saat malam tahun baru di spanyol
Image source: unsplash.com

Di negara seperti Spanyol dan Portugal, anggur dipercaya dapat membawa keberuntungan. Bila dimakan sebanyak 12 butir, orang yang menyantapnya akan memiliki nasib baik dalam 12 bulan ke depan.

Onigiri

olahan nasi berisi yang bikin kenyang
Image source: coupleeatsfood.com

 

Masyarakat Jepang mempercayai bahwa onigiri memiliki makna keberuntungan dan keberkahan.  Hal ini dikarenakan bentuknya yang segitiga menyerupai gunung. Gunung sendiri dianggap sebagai tempat yang sakral di negara tersebut karena menjadi tempat bersemayam para Dewa.

Baca Juga:

Sayuran Hijau

sayuran hijau membawa keberuntungan
Image source: @____la_marta____

Di Amerika Serikat, Irlandia, dan Jerman sayuran hijau dianggap sebagai makanan pembawa rezeki yang melimpah. Alasannya yaitu karena warna sayuran yang hijau menyerupai warna mata uang mereka. Oleh karena itu, semakin banyak sayuran hijau yang dikonsumsi, semakin banyak pula keberuntungan dan rezeki yang akan diperoleh.

Donat

donat melambangkan keberuntungan
Image source: @chef_ash_hamilton

Karena memiliki bentuk yang bulat, donat dianggap membawa keberuntungan bagi orang Amerika dan Eropa. Bentuk bulat tersebut melambangkan nasib baik yang tidak akan terputus. Kamu percaya?

Delima

Image source: @healing_herbss

Kalau di Turki, buah delima dipercaya membawa keberuntungan. Filosofinya adalah semakin banyak potongan buah delima yang dipecahkan, semakin banyak pula nasib baik yang akan didapatkan.

Tteokguk

tteokguk
Image source: @mos_story

Hidangan ini berupa sup yang disajikan bersama potongan kue beras. Di Korea Selatan, tteokguk memiliki simbol keberuntungan dan umur yang panjang.  Kalau kamu tengah berlibur ke Korea Selatan, tidak ada salahnya deh mencoba sup ini.

Kacang Lentil

Image source: wikipedia

Masyarakat Brasil banyak yang mempercayai bahwa kacang-kacangan dapat membawa keberuntungan. Salah satu jenis kacang yang memiliki simbol itu adalah kacang lentil. Selain membawa keberkahan, kacang lentil juga menjadi simbol kekayaan. Hal ini dikarenakan bentuknya yang akan mengembang seperti koin jika kacang tersebut dicampur dengan air.

Ketupat

Image sourc: @aziefadzhil

Nah kalau hidangan yang satu ini pasti kalian sudah tidak asing lagi kan? Ketupat sering dijadikan hidangan wajib saat perayaan hari besar keagamaan seperti Idul Fitri dan Idul Adha. Bahkan ada juga suatu tradisi di mana orang-orang menggantungkan ketupat di depan pintu rumah. Dengan melakukan hal tersebut, dipercaya bahwa mereka akan mendapatkan keberuntungan. Tradisi ini kabarnya sudah ada sejak Sunan Kalijaga  mulai mengajarkan Islam di Pulau Jawa.

Baca Juga:

 

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.