Inspirasi Travel Tips

Asia Tengah Jadi Destinasi Wisata Terbaik, Berikut Alasannya!

Pinterest LinkedIn Tumblr

Belum lama ini, Asia Tengah menjadi destinasi wisata terbaik untuk didatangi berwisata tahun depan versi Lonely Planet. Asia Tengah berada di posisi terbaik karena dianggap sebagai destinasi wisata yang menantang nan unik. Kesan pertama yang akan dirasakan ketika menginjakkan kaki di tanah Asia Tengah pun tidak tanggung-tanggung, sejuta rasanya karena kamu akan menemukan banyak hal yang berkesan.

Destinasi Asia Tengah yang akan marak dikunjungi diantaranya 5 negara ini, seperti Kazakhstan, Kirgistan, Tajikistan, Turkmenistan, dan Uzbekistan. Jika ingin mengunjungi negara-negara ini, kamu bisa memilih waktu di akhir musim panas dan awal musim gugur. Setiap negaranya pun memiliki keunikan tersendiri, tidak heran jika pada akhirnya kamu pun harus melihat sendiri sisi keunikan setiap negara di Asia Tengah. Berikut beberapa alasan yang perlu kamu tahu mengapa Asia Tengah harus jadi bucket list tahun depan.

Turkmenistan

Panorama Ashgabat (wikimedia.org)

Jika kamu berkunjung ke Turkmenistan, cobalah untuk sambangi Ashgabat. Kamu pun akan disuguhi pemandangan tidak biasa, bahkan rasanya seperti berada di dunia dystopian. Tak ada kemacetan dan sepanjang jalan pun dijaga oleh banyak polisi bersenjata. Hiasan memanjakan mata seperti air mancur, bangunan berhias batu marmer, dan patung emas.

Dekorasi yang disuguhi di kota ini diinspirasi oleh Saparmurat Niyazov. Pria yang membangun Turkmenistan dari sektor sumber daya alam gas bumi. Tak hera jika warga setempat begitu memujanya. Hal yang membuat kota ini semakin terasa seperti dystopian, warga lokalnya pun masih mengenakan pakaian tradisional. Jika kamu ingin mengunjungi tempat bersejarah dengan suasana unik. Turkmenistan perlu masuk ke dalam list kamu.

Uzbekistan

Masjid Kalon di Bukhara (wikimedia.org)

Uzbekistan bisa dibilang negara yang memiliki ibu kota Bukhara, si museum dalam wujud museum. Pasalnya, kota ini memiliki 140 monumen dan bangunan bersejarah. Hingga UNESCO memasukkan kota ini dalam daftar Situs Warisan Dunia. Selain dari monumen dan bangunan bersejarah, kota ini pun memiliki harta karun lain seperti menyimpan sejarah peradaban manusia yang umurnya 5000 tahun yang lalu. Sementara itu area kafe dan bar bisa ditemukan di Lyab-i Hauz.

Tajikistan

Gunung Pamir di Tajikistan (pixabay.com)

Jika kamu berencana untuk ke Tajikistan, Pegunungan Pamir paling direkomendasikan untuk dikunjungi. Lokasinya pun berbatasan dengan Afghanistan. Walaupun menanjak, namun hasil yang didapatkan tentu setimpal, yaitu pemandangan cantik serta menakjubkan. Dari tebing batu, padang rumput, dan pemandangan asri namun tetap terlihat moderen dari bangunan jalan tolnya. Daerah pegunungan dan jalan tol ini juga menjadi area road trip favorit turis yang datang dengan sepeda, motor, atau mobil.

Kirgistan

Pegunungan di Kirgistan (pixabay.com)

Saat kamu ke Tajikistan, kamu pun bisa sambil mampir ke Kirgistan lewat jalur darat. Kamu bisa ke Kirgistan melewati Gunung Lenin. Lalu, jika ingin beristirahat sejenak, kamu harus coba berkuda dan bermalam di tenda khas Mongolia yang kerap kali disebut dengan Yurts.

Kazakhstan

Concert Hall Astana, Kazakhstan (wikimedia.org)

Kazakhstan, negara yang amat sangat kaya akan sumber daya alamnya mulai dari minyak, batu bara, dan mineral. Tak heran jika pemerintah setempat membangun banyak gedung pencakar langit dan membuat Astana – sebagai ibu kota Kazakhstan – menjadi terlihat ‘mapan’ sebagai negara di Asia Tengah. Kamu juga bisa melihat setiap sudut kota Astana dari Bayterek Tower. Tertarik mengunjungi sci-fi town ini?

 

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.