Bali Destinasi Event Indonesia Seni Seni dan Budaya

Art Bali Kembali Digelar Tahun Ini

Pinterest LinkedIn Tumblr

Art Bali merupakan oasis bagi perkembangan seni rupa kontemporer di Pulau Dewata. Setelah tahun 2018 sukses menggelar acara perdananya dengan menggandeng Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Art Bali kembali menggelar perhelatan pameran seni rupa pada 12 Oktober 2019 hingga 13 Januari 2020, berlokasi di AB.BC Building, Bali Collection, Nusa Dua.

Seni Rupa
Sukses Menyelenggarakan Pameran Seni Rupa pada 2018 | Image credit: instagram.com/art.bali.id

Heri Pemad adalah sosok dibalik berdirinya Art Bali. Setelah sukses menyelenggarakan ArtJog selama bertahun-tahun, ia menyasar Bali yang merupakan magnet pariwisata dunia di Indonesia. Didasari atas kesadaran posisi elemen budaya dan historis, acara ini menjadi representasi praktik seni rupa kontemporer Indonesia melalui praktik multidisiplin yang maju.

Mengangkat Tajuk “Speculative Memories”

Art Bali 2019 mengangkat tajuk “Speculative Memories”. Gagasan tersebut membahas tentang ruang spekulatif yang muncul dari pembauran antara dunia nyata dan maya. Semakin lebarnya akses informasi, dunia seolah menjadi lebih transparan, hal tersebut menimbulkan kekhawatiran mengenai persoalan pergeseran nilai kemanusiaan.

Art Bali
Image credit: instagram.com/art.bali.id

Berdasarkan tema tersebut, sedikitnya 32 seniman mencoba menerjemahkan pandangan mereka masing-masing melalui karya-karya yang ditampilkan pada pameran ini. Seniman-seniman tersebut berasal dari berbagai daerah, antara lain Jakarta, Bandung, Bali, dan Yogyakarta. Sejumlah seniman senior pun terlibat dalam pameran ini, seperti Arahmaiani, Putu Sutawijaya, dan Tisna Sanjaya. Beragam medium karya yang akan ditampilkan berupa karya dua dimensi, tiga dimensi, dan medium lain seperti lukisan, fotografi, video, instalasi, dan seni media baru.

Program yang Ditawarkan

Selain pameran, acara ini juga menyelenggarakan program Curatorial Tours. Program ini merupakan bentuk edukasi seni kepada publik melalui tour mengelilingi ruang pamer. Akan ada penjelasan pula dari tim kuratorial mengenai konsep dan gagasan karya-karya. Ada pun program Meet The Artist yang mempertemukan para seniman dengan publik seni. Dalam program ini, terjadi pertukaran pengetahuan melalui ruang diskusi.

Pembukaan Art Bali 2019 diselenggarakan pada 12 Oktober 2019, pukul 17.00 waktu setempat. Untuk pamerannya akan berlangsung hingga 13 Januari 2020, dari pukul 11.00 hingga 21.00 waktu setempat. Tiket masuknya dikenakan biaya Rp 100.000 untuk Warga Negara Indonesia, dan Rp 150.000 untuk wisatawan asing. Khusus untuk hari Minggu, tarif menjadi Rp 50.000 dengan menunjukkan kartu identitas.

 

Baca juga artikel menarik tentang 4 Event Tahunan Seni Rupa yang Wajib Kamu Hadiri

Audya
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.