Inspirasi Travel Tips

Powerbank Bisa Aman Dibawa Ke Kabin Pesawat? Lakukan Tips Ini!

Pinterest LinkedIn Tumblr

Siapa di sini yang cemas kalau gadget habis daya saat saat jalan-jalan? Tenang, kamu tidak sendirian. Maka dari itu wajar adanya jika para pelancong tidak akan pernah lepas dengan daya bank atau akrab disebut dengan powerbank, apalagi yang bepergian jauh menggunakan pesawat. Tapi, untuk membawa barang satu ini tidak sembarangan lho! Setiap maskapai memiliki kebijakan khusus terkait membawa bank daya ini ke dalam pesawat.

Pemerintah pun telah menetapkan batasan mAh nya ke pesawat untuk maskapai dalam dan luar negeri yang tengah beroperasi di Indonesia. Aturan tersebut pun sudah tercantum pada Surat Edaran Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementrian Perhubungan nomot 15 tahun 2018. Lalu, apa saja ya yang harus diperhatikan jika kamu ingin tetap membawanya saat pelesir menggunakan pesawat?

Batas mAh Powerbank

Pada Surat Edaran tersebut diimbau jika daya powerbank yang bisa dibawa ke pesawat berkisar antara 100 hingga 160 Wh/Watt hour. Jadi, baterai yang akan kamu bawa ini sebaiknya jenis 3,6 V dengan kapasitas kurang dari 44.000 mAh.

Pastikan Jumlah Powerbank yang Akan Dibawa

Powerbank dengan daya 100-160 Wh boleh dibawa dengan sepengetahuan dan seizin maskapai penerbangan. Satu penumpang hanya diperbolehkan membawa dua bank daya dengan kisaran daya tersebut untuk dibawa ke bagasi kabin. Namun, perlu dicatat, walaupun kamu lolos dari pemeriksaan di bandara, bukan berarti kamu diperbolehkan mengisi daya gadget kamu di dalam pesawat menggunakan powerbank, lho!

Pastikan Powerbank yang Kamu Miliki Tidak Lebih Dari 160 Wh

Terakhir pastikan bank daya yang kamu memiliki kapasitas yang telah ditentukan. Karena jika tidak sesuai dengan ketentuan, maka pihak maskapai akan menyitanya sebelum membolehkan kamu melanjutkan perjalanan. Hal ini pun diberlakukan pada bank daya yang tidak terdeteksi dayanya oleh pihak maskapai. Pasalnya, yang boleh dibawa hanya yang kurang dari 160 Wh atau setara dengan 44 ribu mAh pada 3,6 V.

Powerbank yang memiliki daya terlalu besar dan tidak digunakan sesuai aturan memiliki resiko tinggi terhadap keselamatan penumpang pesawat. Maka, sebelum penumpang masuk ke dalam pesawat, biasanya pihak maskapai akan memerhatikan jenis baterai yang dibawa penumpang ini.

Berikut Langkah Pemeriksaan Pihak Maskapai Terhadap Powerbank

  1. Pihak maskapai akan menanyakan setiap penumpang saat check-in terkait kepemilikan powerbank atau baterai lithium cadangan
  2. Melihat batas daya barang tersebut yang dibawa penumpang
  3. Bertanggung jawab menyimpan bank daya yang disita selama perjalanan
  4. Melarang penumpang dan personel pesawat mengisi daya gadget selama penerbangan dengan menggunakan powerbank

Kebijakan Setiap Maskapai Berbeda Terhadap Powerbank

Powerbank Aman Dibawa Saat Naik Pesawat, Begini Agar Tidak Disita!
wikimedia.org

Walaupun aturan sebenarnya tidak boleh membawa bank daya dengan kapasitas di atas 44.000 mAh ke dalam pesawat, angka tersebut bukan harga mati. Ada beberapa maskapai yang memiliki aturan spesifik terkait kapasitas daya powerbank yang boleh dibawa.

Sebut saja maskapai Garuda yang memiliki aturan tidak boleh membawa powerbank dengan kapasitas lebih dari 160 Wh atau setara dengan 32.000 mAh. Jika dayanya terhitung kecil, yakni sekitar 20.000 mAh atau kurang, diperbolehkan dibawa langsung ke kabin.

Berbeda dengan Garuda, Citilink tidak memperbolehkan penumpang membawa bank daya dengan kapasitas daya di atas 20.000 mAh. Setiap penumpang pun diperbolehkan membawanya maksimal dua buah saja. Sementara bagi penumpang yang membawa baterai cadangan atau bank daya dengan kapasitas lebih dari 20.000 mAh, maka penumpang wajib lapor pada staf maskapai pada saat check-in atau di gate. Penumpang pun wajib mematikan bank daya ini atau membiarkannya dalam kondisi tidak aktif selama penerbangan. Selain hal tersebut, kamu pun perlu perhatikan cara penyimpanannya selama penerbangan. Jangan kemas atau menaruh bank daya ini dengan barang yang mudah terbakar, seperti parfum atau aerosol.

Cara Aman Membawa Powerbank Tanpa Risau

Powerbank Aman Dibawa Saat Naik Pesawat, Begini Agar Tidak Disita!
wikimedia.org

Mengingat kembali jika kebijakan maskapai berbeda mengenai bank daya satu ini, walaupun imbauan yang berada di Surat Edaran Pemerintah mengizinkan powerbank berkapasitas besar. Sebaiknya kamu ambil langkah aman agar tetap aman dan nyaman membawanya selama bepergian menggunakan pesawat. Berikut tipsnya.

  1. Bawalah powerbank dengan kapasitas 100 Wh setara 27.000 – 28.000 mAh – atau kurang dari nominal tersebut
  2. Jangan membawa barang satu ini lebih dari dua buah
  3. Taruh di tas atau taruh ke bagasi kabin – bukan bagasi tercatat

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.