Informasi Travel Tips

Alasan Mengapa Kacamata Hitam Penting, Terutama Saat Traveling

Pinterest LinkedIn Tumblr

Kacamata hitam atau sunglasses menjadi fashion item wajib bagi sebagian orang. Namun, sebenarnya kacamata hitam sendiri tidak bisa dianggap remeh. Bukan berarti kacamata hitam hanya sekadar fashion item, kacamata hitam justru memiliki peran penting bagi kesehatan matamu. Apalagi bagi kamu yang akan traveling jauh dan punya kegiatan lama di luar ruangan. Tentu kamu perlu melindungi matamu dengan kacamata hitam. Lalu, mengapa peran kacamata hitam begitu penting? Terutama bagi kamu para traveler.

Kacamata hitam memang identik dengan liburan pantai atau sebagai pelengkap fashionable outfit. Hanya saja tidak semua orang tahu jika kacamata hitam mempunyai peran penting bagi kesehatan mata. Seperti fungsi sunscreen pada kulitmu. Kacamata hitam pun berfungsi sebagai pelindung mata dari sinar ultraviolet (UV) yang memiliki dampak buruk dalam jangka panjang. Karena, hanya butuh 15 menit bagi sinar UV untuk masuk dan merusak matamu. Terlebih, sinar matahari terkuat muncul dari jam 2 siang hingga jam 4 sore. Sinar UV pun dapat terpapar pada matamu dalam berbagai cara. Baik itu dari jendela, pantulan dari aspal, hingga genangan air yang cahaya pantulannya bisa mencapai 100 persen.

Jika kamu akan traveling ke negara sub-tropis atau empat musim, kamu pun perlu memakai kacamata hitam. Karena salju pun dapat memantulkan sinar UV yang kuatnya mencapai 85 persen. Resiko yang mengintai pun tidak main-main, jika tidak menggunakan kacamata hitam saat di destinasi bersalju akan berisiko terkena photokeratitis. Dimana kondisi kornea mata terbakar karena paparan sinar UV dari pantulan salju. Resiko lainnya jika tidak melindungi mata saat berada di luar ruangan atau traveling diantaranya mata terbakar, iritasi mata, sulit berkedip, katarak, atau degenerasi makula.

Mungkin saat kamu akan berencana membeli kacamata hitam, kamu akan memilih model frame kacamata yang cenderung senada dengan outfit. Namun, saat kamu akan membeli kacamata hitam, sebaiknya cari kacamata hitam yang mampu menahan 99-100 persen UVA dan UVB.

Jadi, sudah tahu kan sekarang peran penting kacamata hitam? Jangan lupa bawa kacamata hitammu saat traveling ya!

 

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.