Kesehatan Kuliner

Air Mineral vs Air Putih: Cari Tahu Perbedaannya Yuk!

Pinterest LinkedIn Tumblr

Tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa air mineral dengan air putih itu sama. Padahal kedua jenis air tersebut memiliki perbedaan yang cukup mencolok lho! Dari mulai sumber air, kandungan nutrisi, kesehatan, hingga manfaat, keduanya memiliki perbedaan tersendiri. Oleh karena itu, penting banget mencari tahu apa yang membedakan dua jenis air ini. Berikut ini informasi yang tim Holamigo berhasil kumpulkan tentang perbedaan dua jenis air ini khusus untuk kamu:

Sumber Air

Image source: sourcewater.ca

Air mineral berasal dari sumber air yang memiliki kandungan mineral tinggi. Biasanya air tersebut mengandung kalsium, zat besi, magnesium, dan zinc. Berbeda dengan air putih yang bersumber dari  danau, sungai, atau sumber alami lainnya. Dilihat dari sumbernya, tidak semua air bisa dikonsumsi. Jadi, pastikan terlebih dahulu sumber alami air tersebut memang layak dikonsumsi dan terlindungi dari risiko pencemaran.

Kandungan Nutrisi

Image source: expressrecyclingandsanitation.com

Dibandingkan dengan air putih, air mineral dianggap mengandung banyak nutrisi seperti yang telah dijelaskan dalam poin pertama. Kandungan nutrisi tersebut tentunya berperan penting untuk menjaga kesehatan tubuh melalui nutrisi yang terserap. Karena kandungan nutrisinya yang melimpah, air ini memiliki rasa yang cukup kuat dibandingkan kembarannya yang memiliki rasa hambar.

Masa Kadaluwarsa

Berbeda dengan air putih, air mineral memiliki masa kadaluwarsa. Dilansir dari Live Science, masa kadaluwarsa ini dikarenakan gelas plastik dan botol yang digunakan sebagai kemasan mengandung bahan kimia sehingga lama-kelamaan dapat mengontaminasi air dalam kemasan. Tetapi, tenang saja! Jika tidak sengaja meminum air yang telah kadaluwarsa, orang dewasa tidak akan terkena dampak yang signifikan kok. Hanya saja, bila terminum oleh balita atau anak-anak, sistem hormone mereka akan terganggu.

Jadi sebelum meminumnya, pastikan dulu air mineral kamu tidak memiliki bau aneh dan cek tanggal kadaluwarsanya juga. Jangan lupa untuk segera menghabiskan air mineralmu setelah dibuka agar bakteri tidak berkembang dalam air tersebut.

Kesehatan

sakit
Hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/apa-itu-kangen-water-lebih-sehat/

Sumber air bawah tanah umumnya menjadi sumber utama dari air mineral alami. Sumber air tersebut terlindung dari risiko pencemaran sehingga memiliki manfaat kesehatan yang melimpah. Belum lagi cara pengolahannya yang dilakukan sedemikian rupa sehingga tak akan memberikan efek samping pada peminumnya. Sedangkan air putih biasanya diolah sendiri dengan cara dimasak hingga mendidih. Meskipun begitu, air ini tetap memiliki manfaat kesehatan seperti mengatasi masalah dehidrasi serta menjaga kesegaran dan membuang racun-racun yang ada dalam tubuh. Hanya saja, pastikan dulu sumber air yang dimasak memang benar-benar bersih ya!

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.