Informasi Travel Tips

Ada Wabah Virus Corona, Ini Dia Persiapan Negara Lain Di Dunia

Pinterest LinkedIn Tumblr

Beberapa waktu terakhir, dunia diguncangkan dengan hadirnya virus Corona terbaru yang mulai mewabah di Cina. Virus yang kini mendapatkan nama barunya, Covid-19, ternyata sempat membuat goncang dunia. Ada beberapa negara yang tanggap saat menghadapi wabah, namun ada pula yang kewalahan. Ini dia beberapa negara yang memiliki persiapan terbaik dan terburuk dalam menghadapi epidemi, seperti wabah virus Corona.

Berdasarkan data Indeks Global Health Security yang dirilis pada Oktober 2019, terdapat 195 negara yang di analisa tingkat persiapannya terhadap kasus-kasus epidemi. Setiap negara mendapatkan skor hingga maksimal 100.

Setiap negara ini di analisa berdasarkan risiko terhadap suatu wabah, seperti Covid-19, tingkat kesehatan, respons, deteksi, dan kemampuannya untuk mencegah penyebaran penyakit. Jadi negara mana yang memiliki tingkat kesiapan terbaik dan terburuk dalam menghadapi wabah virus Corona?

Amerika Serikat dinobatkan sebagai negara dengan persiapan paling lengkap dalam menghadapi epidemi. Tidak aneh jika negara Paman Sam ini mendapatkan skor 83,5 dari 100. Inggris berada di urutan kedua dengan 77,9 diikuti oleh Belanda dengan 75,6.

Cina, yang telah memprakarsai serangkaian langkah isolasi dalam menanggapi wabah, berada di urutan ke-51 dengan skor 48,2. Data yang dikeluarkan indeks GHS menunjukkan bahwa Afrika harus berjuang dalam menghadapi kasus epidemi di masa lalu.

negara dengan persiapan terbaik dan terburuk menghadapi wabah virus Corona
Indeks Negara yang siap menghadapi wabah penyakit-ghsindex.org

Pada 2014 wabah Ebola menghancurkan bagian Afrika Barat, menewaskan lebih dari 10.000 orang. Namun sejauh ini, tidak ada negara di Afrika yang melaporkan kasus koronavirus. Hal ini tentunya menjadi kabar baik karena beberapa negara di Afrika termasuk ke dalam daftar Indeks GHS sebagai negara dengan persiapan terburuk dalam menghadapi epidemi. Beberapa diantaranya adalah Guinea Ekuatorial (16.2) dan Somalia (16.6).

Jika kamu ingin traveling ke negara-negara yang memiliki persiapan terbaik saat terjadi wabah virus Corona, setidaknya kamu bisa bepergian dengan aman. Yang perlu kamu lakukan jika terjadi hal darurat adalah mengikuti panduan yang diberikan para petugas agar wabah tidak meluas dan kamu tidak terjangkit penyakit berbahaya seperti wabah virus Corona.

Jadi negara mana yang akan kamu kunjungi selanjutnya?

BACA JUGA:

Mario
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.