Seni

7 Museum Seni di Paris

Pinterest LinkedIn Tumblr

Ada rencana berlibur ke Paris? Mendengar nama kota ini pasti akan langsung terbayang jajaran bangunan tua dengan lampu temaram. Tak ketinggalan Menara Eiffel yang menjulang, serta Arc de Triomphe yang sangat ikonik. Jika kamu sudah merencanakan liburan ke kota ini, maka jangan sampai melewatkan untuk berkunjung ke berbagai museum seni. Dalam ulasan berikut ini, Holamigo merangkum tujuh museum seni yang tersebar di kota Paris.

Musée du Louvre

Louvre
Image credit: Aleem Yousaf (flickr.com)

Pasti kamu sudah tak asing lagi dengan museum ini. Sempat terkenal lewat film adaptasi novel Da Vinci Code (2006), Musée du Louvre berlokasi di Palais du Louvre yang pada abad ke-12 digunakan sebagai benteng di bawah pemerintahan Philip II. Jumlah koleksi di museum ini mencapai 380.000 buah. Penataan koleksi tersebut dibagi atas 8 departemen, yakni Mesir kuno, Purbakala Timur Dekat, Seni Islam, Seni Pahat, Seni Dekoratid, Lukisan, Seni Gambar, serta koleksi dari Yunani, Etruskan, dan Romawi.

Jika mengunjungi museum ini, kita pun akan bertemu dengan lukisan karya Leonardo da Vinci paling terkenal, yakni Mona Lisa. Kita pun akan melihat berbagai karya lukis dari berbagai seniman Eropa terkenal di abad 15 seperti Caravaggio, Diego Velazquez, dan Johan Vermeer.

Musée d’Orsay

Musee d'Orsay
Image credit: pescarolo041 (flickr.com)

Terletak di Rue de Lille, Musée d’Orsay menjadi museum seni yang menyimpan beragam karya dari tahun 1848 hingga 1914. Museum ini menempati sebuah bangunan di sisi Sungai Seine yang dahulu digunakan sebagai stasiun kereta api rute Paris – Orléans. Koleksi yang ditampikan museum ini merupakan karya dari para seniman terkemuka di Eropa seperti Vincent van Gogh, Claude Monet, Paul Cézanne, Georges Seurat, dan masih banyak lagi.

Musée National d’Art Moderne

Musée National d'Art Moderne
Image credit: Dimistris_D (flickr.com)

Museum ini terletak di Centre Pompidou, yakni sebuah gedung dengan arsitektur canggih yang menjadi salah satu pusat kebudayaan di kota Paris. Musée National d’Art Moderne merupakan salah satu museum seni modern dan kontemporer terbesar, dan paling banyak dikunjungi. Di museum ini, kita bisa melihat ratusan karya seni modern dari berbagai aliran, antara lain abstrak, ekspresionisme, fauvism, dada, dan surealisme. Kita pun bisa melihat karya-karya seniman kontemporer seperti Louise Bourgeois, Yves Klein, Cindy Sherman, Roy Lichtenstein, Andy Warhol, dan masih banyak lagi.

Musée Rodin

Musee Rodin
Image credit: Paris Breakfast (flickr.com)

Sesuai dengan Namanya, di museum ini kita akan melihat perjalanan hidup dan berbagai karya pemahat Prancis, Auguste Rodin. Ia menghasilkan berbagai karya patung pada era modern seni rupa. Karya patungnya yang paling terkenal berjudul “The Thinker” dan “The Kiss”. Musée Rodin menjadi salah satu museum seni yang paling ramai dikunjungi. Dalam setahun, pengunjung yang datang ke sini mencapai 700.000 orang.

Baca artikel terkait 4 Destinasi Seni dalam Film Midnight in Paris

Musée National Picasso-Paris

Image credit: Eddie Crimmins (flickr.com)

Museum seni yang berlokasi di Rue de Thorigny ini menyimpan lebih dari 5.000 karya dan 200.000 arsip. Musée National Picasso-Paris menjadi museum dengan karya Picasso terlengkap daripada museum lainnya. Di museum ini pun kita akan mendapatkan informasi mendalam terkait perjalanan hidup Pablo Picasso. Mulai dari kehidupan pribadinya, hingga karirnya dalam dunia seni rupa yang meliputi pembuatan karya lukis, patung, dan gambar.

Musée Marmottan Monet

Musée Marmottan Monet
Image credit: Eddie Crimmins (flickr.com)

Claude Monet adalah seorang pelukis Prancis beraliran impressionist. Sebagian besar lukisannya menggambarkan panorama alam dengan warna dan komposisi cahaya yang khas. Di Musée Marmottan Monet, terdapat lebih dari 3.000 koleksi karya impressionist dan post-impressionist yang sebagian besar merupakan karya dari Claude Monet. Selain itu, di museum ini pun kita akan melihat karya-karya lukis dan seniman lain. Seperti Paul Gaugin, Paul Signac, Edgar Degas, Camille Pissaro, dan beberapa pelukis Prancis lainnya.

Musée d’Art Moderne de Paris

Musée d’Art Moderne de Paris
Image credit: Fred Romero (flickr.com)

Berlokasi di Palaise de Tokyo, museum seni kontemporer di Paris, Musée d’Art Moderne de Paris menyimpan sekitar 8.000 karya seni yang berasal dari era seni modern. Tak hanya lukisan, di museum ini pun terdapat karya-karya patung dari seniman era modern seperti Jean Arp dan Alberto Giacometti. Di sini kita akan melihat karya-karya dari seniman berbagai negara di Eropa seperti Kees van Dongen, Juan Gris, dan František Kupka.

Audya
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.