Destinasi Indonesia Sulawesi

7 Hidden Spot yang Memesona di Provinsi Gorontalo

Pinterest LinkedIn Tumblr

Provinsi Gorontalo memiliki julukan unik sama seperti Aceh. Jika Aceh dikenal sebagai “Serambi Mekah”, maka Gorontalo dikenal sebagai “Serambi Madinah”. Sempat menjadi bagian dari Provinsi Sulawesi Utara, di tahun 2006 akhirnya menjadi provinsi terpisah.  Wisata Gorontalo menawarkan keindahan yang tak kalah dari pulau-pulau lain di Indonesia. Perlu bukti? Simak ulasan berikut ini.

Pantai Boturani

Pulau Gorontalo
Image Source @dwi3788

Ingin melihat atau berenang bersama ikan hiu paus? Datang saja ke Pantai Boturani. Objek wisata di Provinsi Gorontalo ini menawarkan pengalaman yang mengasyikkan sekaligus menegangkan, yaitu berenang di dekat hiu paus.

wisata gorontalo
Image Source @berrywardana

Hewan-hewan yang berukuran besar ini biasanya mendatangi kawasan perairan Gorontalo. Wisata hiu paus yang masih terbilang baru ini mulai digemari para wisatawan. 8 ekor hiu paus terdeteksi hidup 30 meter dari garis pantai ini. Jadi selain menikmati keindahan pantai, pengunjung juga bisa berenang bersama hewan ramah ini.

Taman Laut Olele

provinsi gorontalo
Image Source @underwater_secret

Marine Park Olele memiliki keindahan bawah laut yang menakjubkan dan tempat ini juga menjadi spot favorit untuk penyelam profesional. Ikan-ikan cantik dan terumbu karangnya menjadi daya pikat objek wisata Gorontalo ini. Di Taman Laut Olele juga terdapat bunga karang yang menjadi keunikan tempat ini. Nama bunga karang tersebut adalah Salvador Dali Sponge.

Pulo Cinta

wisata gorontalo
Image Source @where.is.gio

Mengapa tempat ini diberi nama Pulo Cinta? Ternyata di tengah-tengah pulau ini terdapat gundukan pasir berwarna putih yang seperti bentuk hati. Pulau yang menjadi destinasi liburan di Provinsi Gorontalo ini digadang-gadang sebagai Maladewa-nya Indonesia. Di sini terdapat hotel apung yang harganya lumayan tidak murah tapi sepadan dengan apa yang akan didapatkan di sini.

Pulau Saronde

provinsi gorontalo
Image Source @yanuarrainsyah

Pesona wisata Gorontalo lainnya adalah Pulau Saronde. Lokasi pulau yang indah ini berada di Kecamatan Ponelo. Air lautnya yang sebening kaca memberikan sensasi seperti berkaca di air. Selain itu ada juga terumbu karang dan pasir putihnya yang menambah pesona pulau ini.

Pantai Bolihutuo

Image Source @yuichichee

Tak kalah cantik dari pantai-pantai di Bali, Provinsi Gorontalo juga memiliki pantai yang indah bernama Pantai Bolihutuo. Letak pulau ini berada di Kabupaten Boalemo. Karena lokasinya yang masih tersembunyi, tak banyak orang yang tahu tentang pulau ini. Jadi tak heran jika Pantai Bolihutuo masuk dalam destinasi wisata hidden spot di Indonesia.  Sajian pasir putih yang menghampar, bukit-bukit tinggi dan pepohonan menambah indahnya pantai ini.

Pantai Biluhu

Image Source @raptarnature

Kamu yang senang tantangan, kunjungi Pantai Biluhu karena meski jaraknya sekitar satu jam dari pusat Kota Gorontalo tapi kamu akan melewati jalan yang berkelok-kelok dan tanjakan. Kelelahan perjalanan menuju pantai ini akan terbayar dengan pemandangan tebing tinggi yang menjulang setinggi 100 meter yang berada di bibir pantai. Alam bawah lautnya juga layak kamu jelajahi karena masih alami dan terjaga.

Pulau Diyonumo

Image Source @dliy2wander

Mungkin namanya belum setenar pulau-pulau lain tapi Pulau Diyonumo adalah salah satu pulau yang direkomendasikan untuk dikunjungi karena keindahannya. Boleh dibilang pulau ini masih perawan dan belum memiliki fasilitas wisata, tapi pengunjung dapat berkemah di pulau ini. Pulau ini mirip dengan Pulau Kanawa di Labuan Bajo karena memiliki hamparan rumput tinggi yang memenuhi puncak bukitnya. Spot yang pas untuk berfoto.

Baca juga Destinasi Wisata Banyuwangi yang Hits, Pantai Teluk Hijau

Provinsi Gorontalo ternyata menyimpan banyak hidden spots yang indah yang layak untuk dijadikan destinasi liburan. Jadi, pastikan untuk mengunjungi wisata Gorontalo.

Sansan
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.