Seni dan Budaya

7 Fakta Menarik Seputar Masjid Istiqlal

Pinterest LinkedIn Tumblr

Siapa yang tak kenal dengan Masjid Istiqlal? Masjid negara Republik Indonesia yang terletak di Jalan Taman Wijaya Kusuma Jakarta Pusat ini merupakan masjid terbesar di Asia Tenggara. Kemegahan masjid ini akan memukau siapa pun yang masuk ke dalamnya.

Tak jarang masjid ini menjadi salah satu tujuan wisata religi di Jakarta. Ada banyak hal menarik mengenai Masjid Istiqlal. Tujuh di antaranya terangkum dalam ulasan berikut ini.

Dibangun Sebagai Bentuk Syukur

Masjid Istiqlal
Bagian dalam masjid | Image credit: Matthew Kenwrick (flickr.com)

Penamaan Masjid Istiqlal berasal dari Bahasa Arab yang berarti “kemerdekaan”. Sesuai namanya tersebut, masjid ini dibangun sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT karena telah memberikan kemerdekaan bagi bangsa Indonesia.

Dirancang Oleh Arsitek Kristiani

Friedrich Silaban
Arsitek Friedrich Silaban | Image source: thejourney.home.co.id

Rencana pembangunan Masjid Istiqlal sudah ada sejak tahun 1950 ketika Menteri Agama Ri pada saat itu, KH Wahid Hasyim mengadakan pertemuan untuk membahas pembangunan masjid negara. Sayembara rancangan masjid ini pun digelar pada tahun 1955.

Frederich Silaban merupakan arsitek yang memenangi sayembara tersebut. Menariknya, ia bukanlah seorang Muslim, melainkan seorang Kristiasni. F. Silaban mengusung desain dengan konsep “Ketuhanan” untuk Masjid Istiqlal.

Menjadi Simbol Toleransi Beragama

Masjid Istiqlal
Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral | Image source: islamedia.id

Dengan diarsiteki oleh seorang Kristiani, Masjid Istiqlal menjadi salah satu simbol toleransi dalam beragama. Selain itu, penentuan lokasi masjid pun menjadi pertimbangan dalam hal ini. Presiden Soekarno pada saat itu mengusulkan agar masjid ini ditempatkan di Taman Wilhelmina yang berdekatan dengan Gereja Katerdal.

Masjid ini pun berdiri bersanding dengan gereja Katolik tersebut. Hal ini semakin memperkuat nilai Masjid Istiqlal yang menjadi simbol toleransi beragama.

Diameter Kubah Mewakili Tahun Kemerdekaan

Masjid Istiqlal
Bagian dalam kubah Masjid Istiqlal | Image credit: Indigo Skies Photography (flickr.com)

Gaya arsitektur modern yang diterapkan pada bangunan masjid ini dilengkapi dengan kubah yang berhiaskan bulan sabit dan bintang. Ukuran diameter kubah adalah 45 meter, yang mewakili tahun kemerdekaan Republik Indonesia yakni 1945.

Kubah ini disangga oleh 12 tiang utama masjid dengan ketinggian melebihin 50 meter. Jumlah tiang tersebut menjadi simbol hari kelahiran Nabi Muhammad SAW dalam penanggalan Islam, 12 Rabiul Awal.

Tujuh Pintu Berdasarkan Asmaul Husna

Masjid Istiqlal
Koridor masjid | Image credit: Zicarlo van Aalderen (flickr.com)

Tedapat tujuh buah pintu yang menjadi askes utama ke dalam masjid. Masing-masing pintu diberi nama sesuai dengan Asmaul Husna, nama-nama lain Allah yang mulia. Di antaranya adalah pintu Al Fattah, Al Quddus, As Salam, Al Malik, Ar Rahman, Ar Rozzaq, dan Al Ghaffar.

Ukuran Air Mancur yang Melambangkan Kemerdekaan

Air mancur Masjid Istiqlal
Air mancur Masjid Istiqlal | Image credit: Midori (wikimepia.org)

Pada bagian luar masjid terdapat air mancur yang besar. Air mancur ini dapat menyemburkan air hingga setinggi 45 meter. Diameter kolam air mancur ini pun ukurannya adalah 45 meter. Angka tersebut juga mewakili tahun kemerdekaan Republik Indonesia.

Air mancur ini memiliki 17 buah pancuran luar dan 8 pancuran dalam. Jumlah ini sesuai dengan tanggal kemerdekaan, 17 Agustus.

Dapat Menampung Hingga 200.000 Jemaah

Masjid Istiqlal
Ruang utama masjid | Image credit: Cazz (flickr.com)

Masjid Istiqlal memiliki luas 6,85 hektar. Tempat parkirnya dapat menampung kendaraan hingga 800 buah. Bagian bangunan masjid dapat menampung jemaah hingga 200.000 orang. Pembagian ruangannya antara lain ruang shalat utama, balkon, sayap, dan ruangan pada bagian bangunan pendahuluan. Teras terbukanya dapat menampung 50.000 orang jemaah, dan semua koridornya dapat diisi hingga 81.000 orang.

Baca juga 5 Destinasi Untuk Kamu Yang Ingin Wisata Religi di Semarang

Audya
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.