Kuliner

6 Ragam Warung Makan Khas Indonesia yang Sering Dikunjungi

Pinterest LinkedIn Tumblr

Bukan hanya kaya akan kulinernya saja, Indonesia pun memiliki beragam warung makan dengan ciri khas tersendiri. Tempat makan di Indonesia sangatlah banyak dan beberapa di antaranya malah sangat populer dan sering dikunjungi karena menawarkan berbagai kuliner yang menggugah selera. Nah berikut ini ada ragam tempat makan yang ikonik dan sangat populer di Indonesia:

Baca Juga:

Rumah Makan Padang

rumah makan padang salah satu warung makan terkenal di indonesia
Image source: @jogjafooddestinations

Siapa sih yang belum pernah menyantap hidangan khas Rumah Makan Padang? Tidak sulit menemukan warung makan ini di berbagai daerah Indonesia. Sesuai dengan namanya, rumah makan ini menyajikan makanan khas Padang. Meskipun bisa membeli lauk pauknya saja, hidangan di jenis rumah makan ini biasanya sudah satu paket dengan nasi dan sayur atau lalapan khas Rumah Makan Padang. Kamu tinggal memilih saja lauk yang kamu inginkan.

Baca Juga:

Warung Tegal

warung tegal tempat makan favorit masyarakat indonesia
Image source: @vierko

Warung Tegal atau dikenal juga sebagai warteg memiliki sejarah yang cukup menarik untuk dibahas. Salah satu sejarah yang paling terkenal adalah bahwa kebanyakan jenis warung makan ini berasal dari Tegal, Jawa Tengah. Tetapi, terlepas tentang asal usulnya, warteg semakin menjamur di daerah luar Tegal. Sama halnya seperti Rumah Makan Padang, warung Tegal menjual berbagai hidangan, terutama hidangan rumahan. Harganya pun terbilang terjangkau. Tak heran bila warteg menjadi tempat makan favorit masyarakat dari golongan ekonomi menengah ke bawah.

Kedai Bakso

jenis warung makan kedia bakso
Image source: @nganre_rong

Bakso menjadi salah satu kuliner favorit masyarakat Indonesia. Meskipun negara lain memiliki versi bakso tersendiri, tetap saja cita rasa nusantara memang yang terbaik, kan? Nah saking populernya makanan ini, kamu tidak akan kesulitan kok mencari kedai bakso. Bahkan, jenis warung makan ini menawarkan berbagai hidangan bakso unik, mulai dari yang berbentuk seperti tumpeng hingga yang ukurannya jumbo lho!

Baca Juga:

Kebetulan nih tim Travelblog mengunjungi salah satu kedai bakso yang populer di daerah Malang, Jawa Timur. Kira-kira bagaimana ya suasana warung makan ini dan bagaimana cita rasa kulinernya? Simak yuk keseruan mereka berkuliner ria di Bakso President Malang!

Kedai Pecel dan Lalapan

tempat makan pecel
Image source: brilio.net

Satu lagi warung makan yang diminati masyarakat Indonesia, yaitu kedai pecel dan lalapan. Warung makan yang menyajikan hidangan tradisional ini termasuk yang sering diburu dan paling populer di tanah air. Cita rasa hidangan yang ditawarkan tentu tidak kalah dengan menu modern yang kian marak di dunia kuliner Indonesia. Pecel yang ditawarkan biasanya pecel ayam atau lele yang semakin nikmat disantap bersama lalap dan sambel khas nusantara. Tentunya lauk pauk dan lalapan tersebut menjadi hidangan yang pas disajikan bersama nasi hangat.

Warung Sate

warung makan sate
Image source: @warungpaksahir

Di Indonesia, warung sate mudah ditemukan di pinggir jalan. Biasanya warung makan ini berbentuk warung tenda atau gerobak yang tidak pernah sepi dari pelanggan. Namun, seiring berjalannya waktu, ada juga kok restoran atau tempat makan khusus yang menyajikan sate sebagai salah satu menu utamanya.

Nasi Goreng

warung nasi goreng
Image source: @prawita.24

Warung nasi goreng menjadi salah satu warung makan yang tidak pernah sepi pelanggan. Biasanya penjual nasi goreng mulai bermunculan pada sore menjelang malam hari. Meskipun disebut warung nasi goreng, yang dijual tidak hanya menu itu saja kok. Seperti sudah satu paket, penjual nasi goreng juga selalu menjual mie goreng, capcay, dan kwetiaw. Nah, kalau bosan dengan menu nasi goreng, kamu bisa memilih menu lain di warung nasi goreng langgananmu tanpa repot-repot mencari, kan?

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.