Kuliner

6 Pilihan Salad Khas Indonesia. Mana Nih Favorit Kamu?

Pinterest LinkedIn Tumblr

Salad khas Indonesia tidak kalah sehat dan lezatnya dengan salad dari negara-negara lain. Bahkan salad asal tanah air cukup beragam dengan ciri khas berdasarkan daerah asalnya. Nah kira-kira apa saja ya jenis salad tersebut dan dari mana ia berasal? Apa setidaknya kamu pernah mencicipi salah satu dari mereka? Yuk kita intip sama-sama keragaman salad dari negara kita!

Lotek

salad khas indonesia ini disebut lotek
Image source: @erycoctaviano

Orang Jawa Barat atau Yogyakarta pasti sudah tidak asing lagi dengan salad khas Indonesia yang satu ini. Sebenarnya asal lotek masih diperdebatkan, tapi yang jelas salad ini mudah ditemukan di dua provinsi tersebut. Lotek terbuat dari berbagai sayur-sayuran seperti tauge, kol, kancang panjang, kangkung, dll yang direbus terlebih dahulu sebelum dicampur dengan sambal kacang. Kuliner ini bisa disantap dengan bakwan goreng yang renyah atau ditambah lontong / nasi.

Gado-gado

Image source: @revina_tjoo

Salad khas Indonesia ini dipopulerkan oleh masyarakat Betawi. Penampilannya pun hampir seperti lotek, hanya saja sayuran yang digunakan tidak direbus terlebih dahulu dan lebih beragam. Selain sayuran dan bumbu kacang, gado-gado juga menggunakan bahan lain seperti telur rebus, tahu, tempe, dan kentang rebus saat disajikan sebagai penambah cita rasa.

Urap

Image source: @intankarinaijo

Urap berasal dari Jawa Timur dan terbuat dari sayuran yang direbus hingga hampir layu. Setelah itu dicampur dengan parutan kelapa yang dikukus atau disangrai bersama bawang putih, bawang merah, terasi, kencur, dan cabai. Salad khas Indonesia ini terasa sedikit pedas yang menggugah selera. Umumnya urap disantap bersama tahu, tempe, dan ayam. Bahkan di beberapa warung nasi, urap menjadi salah satu lauk pelengkap dalam nasi campur.

Plecing Kangkung

Image source: @iclub_madiun

Nah salad khas Indonesia ini pastinya akan disukai penggemar kuliner pedas. Plecing kangkung sangat populer di daerah Bali dan Lombok. Kuliner ini terbuat dari kangkung rebus yang diracik dengan sambal cabai dan tomat. Kangkung yang digunakan biasanya kangkung air dengan teknik pembudidayaan khusus sehingga ketika diolah teksturnya akan lebih renyah dan tidak akan terlalu lembek. Sebagai pelengkap dan penambah cita rasa, kacang tanah goreng ditaburkan di atasnya.

Karedok

Image source: @lotek_ibu_enen

Satu lagi salad khas Indonesia yang terkenal di Jawa Barat, yaitu karedok. Kuliner ini berupa campuran sayuran mentah seperti terong hijau, kol, tauge, timun, dan kacang panjang. Sayuran ini kemudian dicampurkan pada bumbu kacang yang telah dicampur dengan air limau dan kencur sehingga memiliki aroma khas yang segar.

Pecel

Image source: @lapardude

Pecel merupakan kuliner yang sangat populer di daerah Jawa Timur. Seperti salad khas Indonesia lainnya, harganya pun terjangkau dan mudah ditemukan di mana-mana. Bahkan bumbu pecel yang terkenal nikmat telah dijual terpisah dan menjangkau pasar internasional. Uniknya lagi, tiap daerah di Jawa Timur memiliki cara penyajian pecel yang berbeda tergantung dari daerah asalnya, misalnya pecel Blitar tentu berbeda dengan pecel Kediri atau Madiun. Yang membedakan hanya tekstur bumbu dan sambalnya saja.

Avatar
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.