Destinasi Indonesia

6 Pasir Timbul yang Jadi Objek Wisata Bahari Unik di Indonesia

Pinterest LinkedIn Tumblr

Fenomena pulau pasir timbul menjadi objek wisata bahari yang unik. Pulau ini sebenarnya merupakan hamparan pasir yang biasanya muncul di tengah-tengah lautan. Keberadaan pulau-pulau ini berhubungan dengan pasang-surutnya air laut. Saat air laut pasang, pulau ini tidak akan nampak. Sebaliknya, saat air laut surut, pulau ini baru akan nampak. Karena pulau ini timbul dan tenggelam maka sering disebut pasir timbul. Nah, Holamigo akan bahas 6 destinasi wisata yang memiliki fenomena unik ini.

Pulau Pasir

pasir timbul
Image Source @the_ql

Saat mendengar nama Belitung, selain teringat Laskar Pelangi, wisatawan akan teringat destinasi wisata terkenal di sana, seperti Pulau Lengkuas atau Pantai Batu Berlayar. Ternyata, daerah ini juga memiliki wisata bahari yang unik, yaitu Pulau Pasir. Pulau ini memiliki hamparan pasir dengan lautan dangkal di sekelilingnya.

Asyiknya, di pasir timbul ini wisatawan bisa berenang tanpa takut terhempas ombak. Terkadang pengunjung bisa menyaksikan ikan-ikan berwarna-warni di sekitar pulau jika mujur. Jarak pulau ini dari Pantai Tanjung Kelayang sekitar 15 menit. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, pulau ini hanya ada saat laut sedang surut.

Pantai Lariti

wisata bahari
Image Source @sisitimur

Wisata pasir timbul di pantai ini menjadi objek wisata bahari yang menarik di Nusa Tenggara Barat. Pantai ini tepatnya berada di Desa Soro, Bima. Gundukan pasir yang membelah lautan ini memberikan pengunjung sensasi berjalan di atas laut.

Pantai Ngurtafur

pasir timbul
Image Source @berangan_trip

Objek wisata bahari di Maluku Tenggara ini terkenal karena kecantikannya. Pulau Gosong atau pasir timbul yang muncul di saat air laut surut ini memiliki pasir putih yang bersih. Panjang pulau yang berada di sekitar Pantai Ngurtafur ini bisa mencapai 2 km. Bentuknya yang berkelak-kelok dan air laut yang jernih membuat para wisatawan betah berada di sini.

Pulau Nain

wisata bahari
Image Source @mr.bapontar

Satu lagi pulau yang memiliki fenomena unik di Indonesia adalah Pulau Nain. Letaknya berada di Kecamatan Wori di Sulawesi Utara. Pulau pasir timbul ini berada di kawasan Taman Nasional Bunaken. Jadi, saat berlibur ke Bunaken, jangan lupa untuk mampir ke objek wisata bahari unik ini.

Pulau Mansuar

Pasir timbul
Image Source @ganiamir

Papua tak hanya punya Raja Ampat, ada juga objek wisata lain yang layak untuk dikunjungi, yaitu Pulau Mansuar. Pulau yang memiliki fenomena pasir timbul ini memiliki air sebening kristal dengan warna yang bergradasi. Ketika pasir putih itu muncul, wisatawan bisa duduk santai atau berfoto di wisata bahari unik ini.

Pulau Dodola

Image Source @paramiswari

Wisata bahari ini berada di Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara. Nama pulau ini sebenarnya merupakan nama dua pulau, yaitu Dodola kecil dan besar. Di antara keduanya, terdapat pasir timbul yang menghungkan kedua pulau tersebut. Melihat keindahan air lautnya dan pasir putihnya, pulau ini bisa disandingkan kecantikannya dengan Maladewa.

Baca juga Pulau Seram, Wisata Maluku yang Tenar Hingga Mancanegara

Indonesia memang terkenal akan kecantikan wisata baharinya. Salah satu objeknya adalah pasir timbul. Nah, dari 6 destinasi tadi, kamu akan pilih berlibur ke mana?

Sansan
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.