Kuliner

6 Olahan Mangga yang Menggugah Selera

Pinterest LinkedIn Tumblr

Olahan mangga mulai banyak bermunculan lagi nih! Selain karena kandungan vitaminnya yang tinggi, mangga juga mudah untuk diolah menjadi kuliner yang lezat dan memanjakan lidah kita. Kira-kira apa saja nih olahan dari mangga yang menggugah selera? Intip 6 rekomendasi berikut ini!

Mango Sticky Rice

olahan mangga dari thailand
Image source: @thetasteatlas

Olahan mangga ini berasal dari Thailand dan sempat populer juga di Indonesia. Berbagai restoran, kafe, atau kedai makanan tidak ketinggalan menyertakan menu ini untuk dicicipi para pengunjung. Mango sticky rice memiliki campuran rasa yang manis dan segar dari mangga serta rasa gurih dari olahan beras ketan yang dicampur dengan vla santan dan gula.

Es Serbat Kweni

olahan mangga es serbat kweni
Image source: @ayudiahrespatih

Es serbat kweni merupakan olahan mangga yang berasal dari Lampung. Sesuai namanya, minuman ini menggunakan mangga kweni yang diserut kemudian dicampur dengan air gula dan es. Selain diserut, mangga kweni juga bisa ditumbuk kasar sebelum dicampur dengan bahan-bahan lain. Bisa juga ditambah dengan biji selasih sebagai sentuhan akhir. Mangga kweni yang memiliki aroma khas menjadi nilai tambah dari es serbat kweni.

Sambal Mangga

Image source: @pawonseratasemarang

Nah olahan mangga yang satu ini ternyata cocok disajikan sebagai sambal cocolan untuk lauk pendamping nasi. Proses pembuatannya pun tidak jauh berbeda dari sambal pada umumnya. Hanya saja mangga yang digunakan adalah mangga muda yang diserut halus dan kemudian dicampur dengan sambal merah. Sambal merahnya sendiri terbuat dari bawang merah, cabai merah, gula merah, dan sedikit terasi.

Es Stik Mangga

Image source: Pinterest/My Gourmet Connection

Saat cuaca panas seperti sekarang ini, enaknya sih menyantap yang segar-segar. Seperti es stik mangga misalnyanya. Olahan mangga ini terbuat dari daging buah mangga yang sudah matang dan dihaluskan bersama susu kental manis. Setelah halus dan tercampur rata, kamu hanya tinggal menuangkan ke dalam cetakan dan masukan ke dalam freezer hingga membeku. Mudah kan cara membuatnya?

Keripik Mangga

Image source: Pinterest / Casa Lago Tasting Room

Seperti buah lainnya, mangga juga bisa diolah menjadi keripik. Yang digunakan untuk olahan mangga ini adalah mangga mengkal atau mangga muda. Meskipun cara membuatnya terbilang mudah, kamu perlu telaten juga karena mangga perlu diiris sangat tipis agar keripik bertekstur garing dan renyah setelah digoreng.

Es Rujak Mangga

Image source: @voilajogja

Satu lagi kuliner dari buah mangga yang pas disantap saat musim panas. Es rujak mangga memiliki tampilan seperti manisan mangga, tapi olahan ini disajikan dalam keadaan dingin bersama es krim. Selain itu, bukan hanya buah mangga saja yang ada dalam es rujak ini, tapi ada juga timun, nanas, pepaya, dan buah-buahan khas negara tropis lainnya. Untuk jenis es krimnya sendiri, biasanya yang digunakan adalah es puter yang memiliki rasa gurih dari santan. Bila dimakan secara bersamaan, es rujak mangga akan terasa pedas, asam, manis, dan creamy di setiap suapannya.

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.