Kesehatan Kuliner

6 Manfaat Mangga yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Pinterest LinkedIn Tumblr

Kamu tahu apa saja manfaat mangga? Selain kandungan vitamin A dan C nya yang tinggi serta kaya akan serat, mangga juga memiliki manfaat lain yang jarang diketahui oleh banyak orang. Apa saja manfaat tersebut? Simak penjelasan di bawah ini sampai habis ya!

Bermanfaat untuk Rambut

manfaat mangga untuk kesehatan rambut
Image source: @smedescugratian

Berdasarkan penelitian dari the Ohio State University, vitamin A memberikan dampak positif untuk rambut, seperti mempercepat pertumbuhan rambut dan mengontrol produksi sebum yang keluar dari pori-pori kulit kepala. Dengan begitu rambut pun akan lebih berkilau serta terhindar dari masalah kusam dan rontok. Buah mangga yang kaya akan vitamin A tentunya tepat untuk dikonsumsi bila kamu ingin rambut kamu lebih sehat. Apalagi vitamin A dalam mangga dapat memenuhi kebutuhan vitamin harian kamu sebanyak 45%.

Mempertajam Penglihatan

manfaat mangga untuk kesehatan mata
Image source:: preventcancer.aicr.org

Manfaat mangga selanjutnya yaitu dapat mempertajam penglihatan. Bukan hanya wortel saja yang bisa membantu mengatasi masalah gangguan mata seperti rabun dekat dan jauh, mangga pun sama berkhasiatnya. Beta karoten alami yang kemudian diubah menjadi vitamin A dapat mempertajam penglihatan sekaligus menjaga keseimbangan air agar mata kamu tidak kering.

Mangga juga memiliki kandungan lain yang penting untuk menjaga kesehatan mata, yaitu zeaxanthin dan lutein. Menurut jurnal The Photobiology of Lutein and Zeaxanthin in the Eye yang diterbitkan tahun 2015 lalu, lutein dan zeaxanthin dapat dianggap sebagai sunblock. Artinya, ia mampu mencegah retina terpapar sinar matahari berlebih yang dapat mempengaruhi kesehatan mata.

Mencegah Kanker

Image source: @lisagunawan05

Buah mangga mengandung polyphenol atau jenis antioksidan yang berperan sebagai perisai dari sel kanker. Berdasarkan jurnal Mangiferin and Cancer: Mechanisms of Action, manfaat mangga sebagai perisai dari sel kanker terdapat pada kandung mangiferin (jenis polyphenol). Mangiferin dapat mengatasi peradangan dan mencegah pertumbuhan sel kanker, terutama sel kanker payudara.

Meningkatkan Kesehatan Kulit

Image source: @soulfoodlove2000

Ini merupakan manfaat mangga yang tak boleh para skincare junkies lewatkan. Buah ini memiliki vitamin C yang tinggi sehingga mampu mengembalikan kesehatan kulit. Satu mangkuk mangga dapat memberikan asupan vitamin C pada tubuh sebanyak 67%. Vitamin C sendiri dikenal akan kemampuannya yang dapat mempercepat produksi kolagen sehingga kulit akan tampak lebih sehat, kenyal, glowing, dan bebas keriput. Kandungan vitamin A dalam mangga juga berfungsi untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar ultra violet.

Mengatasi Masalah Sembelit

Image source: gympik.com

Manfaat mangga selanjutnya yaitu dapat mengatasi masalah sembelit. Hal ini didukung oleh pernyataan di jurnal PubMed tahun 2008. Mangga matang memiliki enzim pencernaan yang disebut amylase. Amylase bermanfaat untuk menghancurkan makanan berukuran besar agar mudah dicerna. Selain itu, kandungan serat dan air di mangga matang memiliki kemampuan untuk melancarkan pencernaan. Tapi, pastikan juga kamu tidak mengonsumsi buah ini secara berlebihan karena dapat menyebabkan perut kembung dan mulas.

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Image source: @sarahbmurphy

Vitamin A dan C yang tinggi dalam mangga bisa bermanfaat untuk menjadi perisai dari virus penyakit sekaligus meningkatkan imunitas tubuh. Antioksidan dalam buah ini juga dapat membersihkan tubuh dari racun radikal bebas. Terdapat juga vitamin B kompleks, E, dan K dalam mangga yang bermanfaat untuk menjaga tubuh agar tetap fit. Wah, ternyata manfaat mangga sangat penting sekali untuk kesehatan tubuh kita. Apalagi dicuaca yang tidak menentu seperti sekarang ini. Setidaknya, konsumsi satu mangkuk mangga agar imunitas kamu tetap terjaga ya!

Dini
Author

2 Comments

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.