Kuliner

6 Makanan Khas yang Sering Muncul di Komik Jepang

Pinterest LinkedIn Tumblr

Komik Jepang atau manga secara tidak langsung telah berhasil mengenalkan makanan khas Jepang pada masyarakat Indonesia. Makanan tersebut pun akhirnya menjamur di tanah air dan menjadi favorit banyak orang. Lantas makanan dari Jepang apa saja yang sering muncul di manga hingga akhirnya bisa populer di Indonesia? Berikut daftarnya!

Ramen

ramen, makanan khas jepang yang populer di Indonesia
Image source: @vegansofmontreal

Kata ramen sering muncul dibanyak komik Jepang salah satunya Naruto. Penggemar manga tersebut pasti tahu bahwa Naruto seringkali mengunjungi kedai Ramen Ichiraku untuk menyantap makanan favoritnya ini. Meskipun lebih dipopulerkan oleh masyarakat Jepang, ramen ternyata berasal dari Cina lho! Di Indonesia pun tidak sulit kok untuk menemukan kedai ramen. Tentunya makanan khas Jepang ini sudah dimodifikasi agar lebih cocok dengan lidah orang Indonesia.

Baca juga  6 Kedai Ramen Halal yang Wajib Kamu Kunjungi Saat ke Tokyo

Dorayaki

dorayaki, makanan khas jepang favorit doraemon
Image credit: @sorairo.shibuya

Dorayaki merupakan makanan khas Jepang yang menjadi favorit Doraemon, robot kucing yang datang dari abad ke-22 dan menjadi teman Nobita. Makanan khas Jepang ini memiliki bentuk bulat dan agak menggembung serta dibuat dari dua lembar panekuk yang direkatkan dengan pasta kacang merah.

Sushi

Image source:
@zudenkerburg

Tidak terhitung jumlah manga yang telah memperkenalkan kamu pada sushi, makanan khas Jepang yang juga populer di Indonesia. Bahan dasar sushi biasanya nasi yang diisi dengan daging, sayuran, atau makanan laut sebelum akhirnya dibentuk dan disajikan bersama  saus pedas, mayonnaise, atau wasabi.

Onigiri

Image source: @tomochi21_tomo

Makanan khas Jepang yang bisa disebut nasi kepal ini juga  sering muncul di banyak komik Jepang, salah satunya Fruits Basket. Bentuknya yang kecil memudahkan orang untuk membawa dan menyantapnya di  manapun. Onigiri juga sering disantap saat sarapan atau dijadikan bekal sekolah.

Takoyaki

Image source: @ yamada_labo

Takoyaki merupakan jajanan pinggir jalan yang mudah ditemukan dan banyak disantap oleh tokoh-tokoh yang ada di komik Jepang. Terdapat potongan gurita di dalamnya yang akan menambah rasa gurih dan nikmat pada setiap gigitan.

Dango

Image credit: @0____hinastagram__

Bentuk dango memang serupa dengan takoyaki. Bedanya, dango memiliki rasa yang manis dan dihidangkan dengan tusuk sate. Dango sendiri terbuat dari tepung beras yang dibentuk menjadi bola-bola kecil sebelum direbus atau dikukus. Kuliner dari Jepang ini bisa dihidangkan dalam berbagai cara, seperti dengan taburan kinako (bubuk kacang kedelai) atau dicocol dengan mitsumame (selai kacang merah).

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.