Kuliner

6 Makanan Khas Korea yang Vegan Friendly

Pinterest LinkedIn Tumblr

Mengonsumsi sayur-sayuran tidak selamanya membosankan dan tidak begitu nikma di lidah. Asalkan kamu tahu cara pengolahan yang tepat tanpa mengurangi nutrisinya, sayur-sayuran akan menjadi hidangan yang sangat menggugah selera. Contohnya makanan khas Korea yang biasanya menggunakan daging bisa disulap menjadi olahan yang vegan friendly. Apa saja makanan tersebu? Yuk simak ulasan selengkapnya hanya di Holamigo!

Baca Juga:

Japchae

japchae makanan khas korea
image source: @eatthisorg

Bisa dibilang ini merupakan hidangan bihun ala Negeri Ginseng dengan tekstur yang kenyal. Tak jarang orang menjadikannya sebagai camilan kala menjalankan program diet. Japchae sering kali disajikan bersama potongan daging sapi meskipun ada banyak sayuran di dalamnya. Tetapi, kamu bisa kok menghilangkan daging dalam makanan khas Korea ini dan hanya menambahkan sayuran saja seperti jamur, sawi, wortel, dan bawang bombay. Bumbu yang digunakan untuk menambah cita rasa hidangan ini berupa kecap asin dan minyak wijen.

Kimbap

kimbab vegan friendly
Image source: @dlfoody

Korea memiliki variasi kimbab atau nasi gulung yang cukup beragam, termasuk variasi yang menggunakan bahan hewani. Untungnya tidak sulit untuk memodifikasi kimbab menjadi hidangan yang vegan friendly. Caranya mudah kok! Kamu hanya perlu memberi isian sayuran seperti wortel, kimchi, timun atau jenis sayuran favorit lainnya pada makanan khas Korea ini. Setelah itu tinggal gulung dengan nori atau rumput laut dan dipotong-potong deh. Selain mengenyangkan, rasanya tak kalah lezat dengan kimbab yang berisi bahan hewani.

Bibimbab

bibimbab vegan
Image source: @sophisticatedisabella

Umumnya makanan khas Korea ini lebih banyak menggunakan sayuran sebagai bahan utamanya. Sebagai vegan, kamu hanya perlu menghindari penggunaan bahan hewani seperti teluar dan daging. Nasi campur ala Korea ini terbuat dari nasi serta sayuran seperti bayam, jamur, wortel, zucchini, dan lobak. Tak lupa juga tambahan saus cabai pedas yang akan memanjakan lidah kamu saat menyantapnya.

Hobakjuk

jenis bubur dari korea
Image source: @easy_busy_kitchen

Gak semua bubur mengandung bahan hewani lho! Misalnya makanan khas Korea ini. Bahan dasarnya adalah labu kuning yang dicampur bersama kedelai dan kue beras. Secara keseluruhan teksturnya memang lembut. Belum lagi cita rasa manis alami dari labunya akan membuat kamu ketagihan. Pokoknya cocok sebagai hidangan yang ramah vegan deh!

Jumeokbap

jumeokbap makanan khas korea yang vegan
Image source: @ahgasejang

Satu lagi olahan nasi khas Negeri Ginseng yang vegan friendly, yaitu jumukbap. Sebelum dibentuk bulat kecil, nasi terlebih dahulu dicampur dengan rumput laut dan potongan sayuran. Beberapa kreasi jumeokbap memang menambahkan daging atau telur ke dalamnya, tapi kamu bisa kok menghindari penggunaan bahan tersebut. Jumeokbap berisi sayuran tak kalah enak dengan kreasi jumukbap non-vegan.

Kongguksu

kongguksu khas korea
Image source: @mangobrandy

Kalau ingin mencicipi mie Korea yang ramah vegan, kongguksu bisa menjadi hidangan yang tepat. Pasalnya, jenis mie dingin ini tidak menggunakan kaldu tulang sebagai kuahnya melainkan ekstrak kacang kedelai. Karena itulah rasa kuliner khas Korea ini tetap terasa gurih namun kaya akan protein.

Baca Juga:

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.